Achmad Nugraha Ajak Semua Pihak Aplikasikan Nilai Kebhinekaan dan Pancasila

- Sabtu, 11 Maret 2023 | 17:00 WIB
Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha, D.H., S.H., memberikan paparan terkait menjaga Pancasila dan Kebhinekaan, di Auditorium Gedung DPRD Kota Bandung, Minggu, (05/03/2023). (Humas DPRD kota Bandung )
Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, H. Achmad Nugraha, D.H., S.H., memberikan paparan terkait menjaga Pancasila dan Kebhinekaan, di Auditorium Gedung DPRD Kota Bandung, Minggu, (05/03/2023). (Humas DPRD kota Bandung )

Bandung, Zonabandung.com,- Wakil Ketua II DPRD Kota Bandung, Achmad Nugraha memberikan paparan terkait menjaga Pancasila dan Kebhinekaan, di Auditorium Gedung DPRD Kota Bandung, Minggu, (05/03/2023) lalu.

Dalam kesempatan tersebut, Achmad Nugraha mengajak agar semua pihak kembali memahami dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dan arti kebhinekaan dalam kehidupan, khususnya dalam menyikapi suatu perbedaan.

"Perbedaan adalah sebuah keniscayaan dan anugerah dari Tuhan yang maha kuasa, yang seharusnya disyukuri dan dinikmati secara baik, dan bukan untuk diperdebatkan atau dipertentangkan. Cara menikmati kebhinekaan atau perbedaan adalah bagaimana mampu menjaga persatuan, rasa persaudaraan, rasa kekeluargaan, dan rasa kasih sayang antarsesama," ujarnya.

Baca Juga: Jelang HBP 59, Rutan I Bandung Kemenkumham Jabar Adakan Beragam Lomba Dalam PORSENAP

Achmad pun menjelaskan bahwa Pancasila terlahir karena digali dari berbagai keberagaman budi pekerti, tata krama, etika, dan nilai-nilai budaya yang tinggi yang dimiliki bangsa Indonesia, dan disusun sebagai sebuah kesatuan utuh yang dapat dipedomani dan diwariskan kepada seluruh warga Indonesia.

Menurut dia, di tengah dinamika perkembangan zaman saat ini pengamalan nilai-nilai Pancasila dan kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari menjadi hal jarang ditemukan di masyarakat. Semakin hari budaya masyarakat khas Indonesia semakin tergerus oleh berbagai hal.

Termasuk sikap saling menghormati dan menghargai adanya perbedaan, menjadi hal yang mulai berkurang saat ini.

Situasi tersebut menjadi bukti bahwa generasi saat ini kurang memahami dan tidak melaksanakan pentingnya arti sebuah Pancasila. Padahal, para pendiri bangsa telah mewariskan Pancasila, sebagai pedoman atau landasan bagi bangsa ini untuk dapat membuat bangsa ini tetap utuh dan semakin besar.

"Aplikasi dan implementasi dari lima sila dalam Pancasila menjadi hal yang penting untuk dipahami dan dilaksanakan oleh setiap warga Indonesia. Apabila dilaksanakan dengan benar dan baik dalam kehidupan sehari-hari, maka insyaallah bangsa ini akan menjadi bangsa utuh dan besar untuk selamanya," ucapnya.

Achmad Nugraha menambahkan, di dalam Pancasila itu terdapat nilai-nilai yang sangat luar biasa, salah satunya Trisakti, yang merupakan ajaran Soekarno sebagai bapak bangsa, yakni berdaulat dalam bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri atau kemandirian di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan.

Tanpa nilai-nilai Pancasila, masyarakat Indonesia tidak akan memiliki pandangan atau pedoman untuk menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara di dalam negara yang memiliki budaya beragam.

Maka dengan memahami dan melaksanakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang damai dan penuh dengan kasih sayang antara sesama serta menjadi bangsa yang semakin tangguh dari masa ke masa dengan kedaulatan.

"Maka ini harus dipahami serius oleh kita semua, bahwa sebagai generasi bangsa hari ini, kita wajib untuk dapat menjaga dan mewariskan Pancasila sebagai landasan kehidupan untuk dilanjutkan dan diimplementasikan oleh penerus bangsa di masa yang akan datang," katanya.* 

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X