• Senin, 29 November 2021

Latih Atasi Gangguan Kamtib, LPKA Bandung Kerjasama Dengan Polda Jabar

- Jumat, 1 Oktober 2021 | 08:40 WIB
Ditbinmas Polda Jabar saat melakukan pelatihan yang bertempat di aula LPKA Bandung
Ditbinmas Polda Jabar saat melakukan pelatihan yang bertempat di aula LPKA Bandung

 

Bandung, Zonabandung.com - Ditbinmas Polda Jabar melakukan pelatihan Penanggulangan Huru Hara dalam rangka meningkatkan Kewaspadaan Gangguan Keamanan dan Ketertiban bertempat di aula LPKA Bandung, Kamis, 30 September 2021.

Kepala LPKA Bandung, Retno Yunihardiningsih yang sekaligus membuka acara mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Nomor : W.11- PK.02.10.01-7742 tanggal 21 September 2021 Perihal Langkah Progresive Sebagai Tindak Lanjut atas Penertiban Jaringan Listrik, Handphone dan Peningkatan Kewaspadaan Keamanan dan Ketertiban Pada UPT Pemasyarakatan serta Surat Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor : PAS-PK.02.10.01-1147 tanggal 19 September 2021, ujarnya.

Dalam pelatihan itu diawali dengan pemaparan materi terkait tugas fungsi Polsuspas sekaligus praktek dan simulasi.

Beberapa peragaan yang diajarkan yakni peragaan teknik yang baik dan benar dalam penggeledahan barang dan badan khususnya bagi tamu/pengunjung sesuai SOP dan tetap dilakukan dengan sopan. Peragaan teknik penggunaan borgol yang benar, Tatacara penggunaan perlengkapan PHH, Melakukan simulasi ketika menghadapi situasi genting/penyerangan oleh massa terkait apa yang harus dilakukan dan persiapan yang harus disediakan menggunakan PHH.

Retno menjelaskan keberhasilan Pemasyarakatan tidak terlepas dari 3 (tiga) kunci Pemasyarakatan Maju yakni Deteksi Dini Gangguan Keamanan dan Ketertiban, Berantas Narkoba, dan Sinergitas Dengan Aparat Penegak Hukum (APH), terangnya.

Ia berharap pelatihan ini dapat menjadi salah satu upaya dalam melakukan deteksi dini serta upaya kita dalam meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan keamanan dan ketertiban. Selain itu juga dapat menambah pengetahuan dan keterampilan petugas di jajaran LPKA Kelas II Bandung sesuai dengan standar teknik pengamanan, jelas Retno.

Editor: Topan Hariman

Tags

Terkini

Kajati Jabar Siap Kolaborasi Dengan PWI Jabar

Selasa, 23 November 2021 | 15:43 WIB

ACT Bersama PWI Kota Bandung Gelar OPM

Jumat, 19 November 2021 | 13:39 WIB
X