• Senin, 29 November 2021

Peringatan Hari Santri, Pesan Yana Tingkatkan Cinta Tanah Air

- Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:11 WIB
Peringatan Hari Santri di Kota Bandung kali ini dengan tema Santri Siaga Jiwa raga.
Peringatan Hari Santri di Kota Bandung kali ini dengan tema Santri Siaga Jiwa raga.

Bandung, Zonabandung.com,- Pada Peringatan Hari Santri kali ini Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana meminta kepada para santri agar lebih mencintai bangsa dan Tanah Air. Hal itu disampaikan saat upacara di Balai Kota Bandung, Jumat 22 Oktober 2021.

‘Mudah-mudahan peringatan ini bisa terus meningkatkan rasa nasionalisme, sehingga kebangsaan semangat terus bisa dijaga,’ tutur Yana.

Peringatan tahun ini mengusung tema ‘Santri Siaga Jiwa raga’. Lewat peringatan ini diharapkan membentuk sikap santri Indonesia yang selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia dan mewujudkan perdamaian.

Baca Juga: Pemkot Bandung Gelar Sayembara Fasilitas Olah Sampah

‘Siaga jiwa berarti santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegangan teguh pada akidah, nilai dan ajaran islam rahmatan lil alamin,’ tutur Yana.

Menurutnya, saat ini santri tidak pernah memberikan celah masukanya ancaman ideologi yang dapat merusak persatuan dan kesatun Indonesia.

‘Siaga raga berarti badan, tubuh, tenaga dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Oleh karena itu satri tidak pernah lelah dalam berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia,’ kata Yana membacakan sambutan Menteri Agama. 

‘Jadi siaga jiwa raga merupakan komitmen seumur hidup santri yang terbentuk dari tradisi pesantren yang tidak hanya mengajarkan kepada santri-santrinya tentang ilmu dan akhlak. Melainkan juga tazkiyatun nafs yaitu mensucikan jiwa melalui berbagai tirakat lahir dan batin yang diamalkan dalam kehidupan,’ bebernya.

Yana menambahkan, tema tahun ini penting dan relevan di era pandemi Covid-19. Kaum santri tidak boleh lengah dalam menjaga protokol kesehatan.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kajati Jabar Siap Kolaborasi Dengan PWI Jabar

Selasa, 23 November 2021 | 15:43 WIB

ACT Bersama PWI Kota Bandung Gelar OPM

Jumat, 19 November 2021 | 13:39 WIB
X