• Jumat, 2 Desember 2022

Atal S. Depari: Era Disrupsi Media, Wartawan Harus Mampu Bersaing dan Multitalenta

- Selasa, 26 Oktober 2021 | 18:43 WIB
Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari saat pelatikan pengurus PWI Jawa Barat 2021-2026.
Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari saat pelatikan pengurus PWI Jawa Barat 2021-2026.

Bandung, Zonabandung.com,-  Era disrupsi media telah membuat perusahaan pers seolah runtuh dan tergerus.  Hal itulah yang harus disikapi serius.

Demikian diungkapkan Ketua Umum PWI Pusat, Atal Sembiring Depari saat Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus PWI Jawa Barat 2021-2026 di Aula Gedung Sate, Selasa 26 Oktober 2021.

Ke depan menurut Atal, wartawan harus mampu bersaing di tengah gencarnya arus digitalisasi khusunya arus media sosial.

‘Jadi tantangan wartawan saat ini harus mampu menjadi sosok multitalenta, menguasi berbagai platform informasi baik itu video, narasi serta berbagai keahlian lainnya,’ paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Atal menyampaikan terima kasihnya kepada Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil yang terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan, termasuk rencana mendorong Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bagi 1000 wartawan.

Sementara itu, Ketua PWI Jawa Barat, Hilman Hidayat mengatakan, mewujudkan kompetensi wartawan dan optimalisasi peran organisasi menjadi komitmen kepengurusan baru PWI Jawa Barat periode 2021-2026.

Menurut Hilman, sesuai dengan semangat yang diusung dalam Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus perioode 2021-2026 ‘Sprit PWI Jawa Barat Menyongsong Tatanan Baru’,  PWI Jabar berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan kompetensi wartawan.

‘Meningkatkan kompetensi wartawan adalah semangat yang ingin kami terus gelorakan dan upayakan. Terlebih di tengah tantangan tatanan dunia baru yang membutuhkan pribadi- pribadi unggulan dan berdaya saing,’ ungkap Hilman.

Hal lain lanjut Hilman, yang juga akan menjadi fokus di kepengurusan baru adalah optimalisasi peran dan fungsi organisasi sebagai wadah profesi wartawan.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X