• Senin, 29 November 2021

Uu Ruzhanul Ulum Hadiri Launching Pasar Digital Kota Cimahi

- Senin, 15 November 2021 | 21:38 WIB
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum Hadiri saat menhadiri launching Pasar Digital Kota Cimahi.
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum Hadiri saat menhadiri launching Pasar Digital Kota Cimahi.

Cimahi, Zonabandung.com,- Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum dan Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana menghadiri Launching Pasar Digital Kota Cimahi, bertempat di Pasar Atas Baru Kota Cimahi, Senin 15 November 2021.

Digitalisasi Pasar Rakyat mulai digalakan oleh Kementerian Perdagangan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah, Digitalisasi Pasar Rakyat ini merupakan bagian dari Program Pasar dan Pusat Perbelanjaan S.I.A.P. (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) – QRIS (Quick Response Indonesian Standard) yang dijalankan atas kerjasama antara Kementerian Perdagangan RI dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Uu Ruzhanul Ulum, mengatakan bahwa dua kata kunci dari program ini adalah inovasi dan digitalisasi, kolaborasi antara perbankan dengan pasar tradisional dan juga dengan Pemerintah serta Inovasi biasa transaksi di pasar pakai uang secara tunai sekarang pakai digital.

Baca Juga: Cegah Gelombang Tiga Covid-19, Pemkot Bandung Perketat Aktivitas Nataru

‘Digitalisasi jelas, transaksi kini menggunakan HP, ini akan memudahkan penjual dan ini lebih safety,’ ucap Uu.

Uu pun menjelaskan rencana Pemerintah untuk membuat pasar bertaraf nasional sebagai bentuk tanggung jawab pemerintah pada masyarakat agar masyarakat tetap memilih pasar tradisional untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Ngatiyana menjelaskan bahwa digitalisasi dalam transaksi jual beli merupakan hal mendesak yang harus segera dilakukan di tengah pandemi,

‘Digitalisasi dalam proses transaksi adalah sebuah kebutuhan yang tidak bisa ditunda-tunda di tengah situasi pandemi Covid-19,’ tukas Ngatiyana.

Ngatiyana mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Kemeterian Perdagangan terkait hal tersebut, BI dan Kemendag RI telah melakukan langkah yang tepat untuk mempercepat digitatalisasi transaksi yang menjadi kebutuhan warga di masa pandemi ini melalui pemanfaatan Quick Response Code Indonesian Standard dalam memudahkan pelaku usaha dalam transaksi digital.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kajati Jabar Siap Kolaborasi Dengan PWI Jabar

Selasa, 23 November 2021 | 15:43 WIB

ACT Bersama PWI Kota Bandung Gelar OPM

Jumat, 19 November 2021 | 13:39 WIB
X