• Minggu, 23 Januari 2022

Table Top dan Penanggulangan Darurat Bandara dan Lanud Husein Sastranegara Bandung

- Jumat, 26 November 2021 | 18:02 WIB
Partial Exercise PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara bersama Lanud Husein Sastranegara Bandung (Dokumentasi)
Partial Exercise PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara bersama Lanud Husein Sastranegara Bandung (Dokumentasi)

Bandung, Zonabandung.com -- Akibat terjadinya pelecehan yang dilakukan oleh salah seorang penumpang kepada cabin crew, sehingga menimbulkan suasana semakin tidak kondusif yang diakibatkan oleh pertikaian antara 3 orang cabin crew bersama 6 orang penumpang.

Sampai akhirnya terjadi perkelahian antara copilot bersama cabin crew dengan 6 orang kawanan penumpang yang lainnya, setelah 3 orang crew pesawat berhasil dilumpuhkan oleh 6 orang pemuda.

Kemudian di saat yang bersamaan 2 orang dari kawanan yang lainnya mencoba masuk ke ruang cockpit secara paksa dengan tujuan untuk menguasai pesawat udara sehingga menyebabkan konsentrasi pilot pada saat akan mendarat menjadi tidak fokus.

Pesawat Bangau Air, tipe pesawat ATR72-600 PK – ABC dengan flight number BA 1129 landing jauh dari touch down zone dan mengakibatkan roda pendaratan depan patah dan menimbulkan percikan api akibat gesekan dengan runway.

Pesawat pun gagal berhenti di runway , dan pesawat mengalami Over Run sejauh 120 m dari sholder runway 29 sehingga mengakibatkan engine sebelah kiri terbakar di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Kamis (25/11/2021).

Pesawat yang mengangkut 20 orang penumpang dan 4 kru ini akhirnya terbakar menimbulkan kobaran api yang membuat suasana semakin mencekam. Akibat kejadian tersebut dilaporkan 3 orang meninggal, 4 luka berat, 3 luka ringan, 14 korban selamat termasuk 6 orang tersangka pelaku keributan dan seluruh korban ditangani sesuai dengan prosedur penanganan korban saat kejadian darurat dan para pelaku berhasil diamankan oleh petugas satuan Polisi Militer Lanud Husein Sastranegara.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Partial Exercise PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandara Internasional Husein Sastranegara bersama Lanud Husein Sastranegara Bandung yang dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Rapat Komite Keselamatan dan Rapat Komite Keamanan ke-IV Serta Latihan Tabletop tahun 2021.

Latihan ini melibatkan sedikitnya 149 personel yang terdiri dari Aircraft Rescue and Fire Fighting (ARFF), Aviation Security dan panitia yang terlibat dari PT Angkasa Pura II (Persero), Tim Base Rescue Tim Polisi Militer TNI AU berikut brigan Lanud Husein Sastranegara Bandung, Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) Cabang Bandung, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Bandung, Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Bandung, serta stakeholder yang terlibat di lingkungan Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung.

Rangkaian kegaitan hari ini terdiri dari tiga kegiatan, yaitu Rapat Komite Keselamatan dan Rapat Komite Keamanan, Latihan Tabletop dan Latihan Partial Exercise.

Tujuan dilaksnakan Rapat Komite Keselamatan dan Rapat Komite Keamanan, Latihan Tabletop dan Latihan Partial Exercise ini adalah:

Halaman:

Editor: Shelly Sillviana Dahlia

Tags

Terkini

Ngatiyana Beri Pengarahan Kepada Calon PPPK Guru

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:25 WIB

PWI Jabar Gelar Seleksi Atlet Porwanas 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:18 WIB
X