• Minggu, 23 Januari 2022

Hadirnya Destinasi Ekowisata Cimenteng Diharapkan Dapat Tingkatkan Perekonomian Masyarakat

- Senin, 29 November 2021 | 18:51 WIB
Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana saat peletakan batu pertama pembangunan destinasi wisata Cimenteng.
Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana saat peletakan batu pertama pembangunan destinasi wisata Cimenteng.

Cimahi, Zonabandung.com,- Ditengah tingginya tingkat kerusakan lingkungan karena aktivitas manusia, termasuk aktivitas pariwisata, konsep ekowisata menawarkan solusi untuk pengembangan sektor wisata yang beretika lingkungan.

Ekowisata atau ekoturisme merupakan salah satu kegiatan pariwisata yang berwawasan lingkungan dengan mengutamakan aspek konservasi alam, aspek pemberdayaan sosial budaya ekonomi masyarakat lokal serta aspek pembelajaran dan pendidikan.

Ide dan pemikiran membangun ekowisata di Kota Cimahi bukanlah hal yang baru. Rencana pembangunan ekowisata Cimenteng dimulai pada tahun 2019 dengan dokumen Detail Engineering Design (DED) yang dibuat oleh DISPARBUD Provinsi Jawa Barat, namun karena adanya beberapa kendala pekerjaan fisik terhambat dan akhirnya bisa direncanakan kembali pada tahun 2021.

Baca Juga: Pemkot Bandung Berikan Penghargaan Kepada Seniman dan Budayawan

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Destinasi wisata Cimenteng diselenggarakan Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora). Adapun pagu pembangunan tersebut senilai 3,1 miliar dengan lama pengerjaan selama 45 hari sampai dengan tanggal 30 Desember 2021.

Plt. Wali Kota Cimahi, Letkol (Purn) Ngatiyana mengatakan, peletakan batu pertama memiliki makna filosofis yang dalam, Peletakan batu pertama pembangunan sebuah proyek perlu kita maknai sebagai peletakan fondasi berfikir dan landasan Pijak untuk memulai Langkah-langkah besar dan merealisasikan gagasan-gagasan brilian demi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan ekowisata merupakan bagian dari industri pariwisata yang secara langsung memberi akses kepada semua orang untuk melihat, mengetahui, serta menikmati pengalaman alam, intelektual dan budaya masyarakat lokal,” ungkap Ngatiyana di lokasi Ekowisata Cimenteng Cipageran Kecamatan Cimahi Utara, Senin 29 November 2021.

Ia pun menyebutkan bahwa dalam pengelolaannya, Ekowisata Cimenteng akan memegang prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan yang berkontribusi terhadap kegiatan konservasi alam dan budaya dengan melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaannya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ngatiyana Beri Pengarahan Kepada Calon PPPK Guru

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:25 WIB

PWI Jabar Gelar Seleksi Atlet Porwanas 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:18 WIB
X