• Minggu, 23 Januari 2022

Sejumlah Serikat Buruh Berunjuk Rasa Tuntut Gubernur Jabar Tetapkan UMK Sesuai Rekomendasi Kepala Daerah

- Selasa, 30 November 2021 | 19:45 WIB
Dansat Brimob Jabar dampingi Kapolda amankan unras buruh di Gedung Sate (Dokumentasi)
Dansat Brimob Jabar dampingi Kapolda amankan unras buruh di Gedung Sate (Dokumentasi)

Bandung, Zonabandung.com -- Sejumlah serikat buruh melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate Bandung, Jawa Barat siang hari ini.

Unjuk rasa dilakukan untuk menuntut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar menetapkan upah minimum Kabupaten/Kota sesuai rekomendasi Walikota dan Bupati.

Sejumlah buruh dari berbagai organisasi buruh sudah mulai terlihat di kawasan Gedung Sate Bandung pagi tadi. Mereka melakukan unjuk rasa meminta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar menetapkan Upah Minimum Karyawan (UMK) sesuai rekomendasi terakhir dari Walikota dan Bupati.

Oleh karena itu, buruh juga meminta Gubernur Jawa Barat untuk menetapkan upah di atas upah minimum tahun 2022 atau menetapkan kembali upah minimum sektoral Kabupaten/Kota.

Apalagi, Mahkamah Konstitusi sudah memutuskan dan memerintahkan perbaikan Undang - Undang Cipta Kerja yang menjadi dasar kenaikan upah minimum pekerja.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si., mengatakan, "Aksi unjuk rasa ini dimulai hari kemarin dan dilanjutkan hari ini, saya himbau kepada saudara - saudara buruh agar melaksanakan aksinya dengan aman dan tenteram, sampaikan aspirasi dengan baik, kami selalu siap mengamankan pelaksanaan aksi unjuk rasa yang digelar oleh saudara - saudara dari buruh agar tetap menciptakan Jawa Barat yang aman dan kondusif".

Senada dengan Kapolda, Dansat Brimob Polda Jabar Kombes Pol. Yuri Karsono, S.I.K., menambahkan, "Kami siagakan personel mulai dari negosiator Polwan jajaran Polsek setempat, Polres/Polresta, Dalmas dan Satuan Brimob Jabar untuk mengantisipasi terjadinya hal - hal yang tidak diinginkan, kami juga menghimbau agar pelaksanaan aksi unjuk rasa ini dilakukan dengan kondusif, supaya terciptanya Jawa Barat yang aman dan tenteram", tuturnya.

Editor: Shelly Sillviana Dahlia

Tags

Terkini

Ngatiyana Beri Pengarahan Kepada Calon PPPK Guru

Jumat, 21 Januari 2022 | 20:25 WIB

PWI Jabar Gelar Seleksi Atlet Porwanas 2022

Rabu, 19 Januari 2022 | 15:18 WIB
X