• Rabu, 30 November 2022

Revitalisasi Pasar Wisata Sirnajaya Dongkrak perekonomian, Kadin KBB: Kondusifitas Syarat Investasi

- Jumat, 11 Maret 2022 | 14:47 WIB
Revitalisasi Pasar Sirnajaya Desa Sirnajaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mendongkrak perekonomian
Revitalisasi Pasar Sirnajaya Desa Sirnajaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mendongkrak perekonomian

KBB, Zonabandung.com,- Revitalisasi Pasar Sirnajaya Desa Sirnajaya Kecamatan Gununghalu Kabupaten Bandung Barat (KBB) bakal mendongkrak perekonomian warga. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) KBB mendukung revitalisasi asalkan kondusif dan regulasi dipermudah.

Hal itu mengemuka dalam Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan di Aula Desa Sirnajaya, Kamis (10/03/2021). Hadir Kepala Desa (Kades) Sirnajaya Suhardi, perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kadin KBB, Konsultan dan Kontraktor serta para stakeholder revitalisasi Pasar Sirnajaya.

Kades Sirnajaya Suhardi menyatakan pihaknya bukan hanya mendukung revitalisasi pasar akan tetapi menunggu bahkan mencari adanya investor untuk revitalisasi pasar tradisional sirnajaya menjadi pasar wisata semi modern untuk mendongkrak perekonomian.

Baca Juga: Aplikasi Bandung Sadayana Mudahkan Masyarakat Untuk Berbagai Layanan Digital

Wakil Ketua Kadin KBB, Yosep Suptandar mengemukakan kondusifitas pedagang dan pemilik aset pasar dan kenyamanan merupakan syarat masuknya investasi.

"Pedagang dan pemilik aset tetap kondusif, Pemerintah Daerah kapasitasnya teknis memang kewajiban mereka untuk menerbitkan izin, kuncinya desa sanggup memberikan kenyamanan terkait aset tempat dan pedagang kondusif dalam artian mereka mau dibangun pasarnya," kata Yosep.

Menurutnya, investasi yang masuk akan senang ketika ketika pedagang sudah setuju dan pemerintah daerah lebih support kepada program-program desa dalam artian secara khusus untuk mengolah wilayahnya termasuk pasar tradisional.

"Posisi saat ini Pemerintah Desa apalagi pemerintah tidak mampu mengadakan pembiayaan untuk membangun pasar. Tugas kami (Kadin) menarik investasi sebesar besarnya, salah satunya pembangunan pasar tradisional menjadi modern yang tidak mungkin dibiayai oleh APBD dan itu butuh bantuan pihak ketiga," tandas Yosep.

Komisaris PT Mitra Kharisma Prestasi Berkarya (MKPB), Yan Aminudin menyambut baik antusias pimpinan dan warga Desa Sirnajaya terkait revitalisasi pasar tradisional menjadi pasar wisata semi modern.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Pj Walikota Cimahi Canangkan Bulan Dana PMI Tahun 2022

Senin, 21 November 2022 | 14:32 WIB

Pj Walikota Cimahi Hadiri Diskusi NGOBRAS

Kamis, 17 November 2022 | 12:05 WIB
X