• Rabu, 30 November 2022

Pemkot Cimahi Gelar Bimtek Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah 2022

- Selasa, 19 April 2022 | 22:12 WIB
Pemkot Cimahi Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah (KEMD) Kota Cimahi Tahun 2022.
Pemkot Cimahi Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah (KEMD) Kota Cimahi Tahun 2022.

Cimahi, Zonabandung.com,- Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana membuka kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Kerangka Ekonomi Makro Daerah (KEMD) Kota Cimahi Tahun 2022 yang berlangsung di Aula Gedung A Kompleks Pemkot Cimahi Jalan Rd. Demang Hardjakusumah.

Penyusunan KEMD diperlukan sebagai acuan kebijakan di bidang ekonomi Kota Cimahi.

Kegiatan tersebut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan, para asisten di lingkungan Pemkot Cimahi, para kepala SKPD di lingkungan Pemkot Cimahi, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapeda) Provinsi Jawa Barat, Badan Pusat Statistik (BPS) Cimahi, serta perwakilan dari Universitas Padjadjaran (Unpad).

Baca Juga: Resmi Jabat Wali Kota, Yana Pastikan Pembangunan dan Pemulihan Ekonomi Jadi Prioritas

Ngatiyana mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi tahun 2021 Kota Cimahi terkoreksi.Penyusunan KEMD diperlukan sebagai acuan kebijakan di bidang ekonomi Kota Cimahi.

“Kondisi pandemi Covid-19 saat ini menyebabkan target indikator makro ekonomi terkoreksi,” ujar Ngatiyana.

Hal penting lain yang perlu dicermati juga adalah sektor industri pengolahan yang merupakan penyumbang Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) terbesar bagi Kota Cimahi.  Mayoritas kontribusi tersebut, kata Ngatiyana, berasal dari industri besar yang merupakan kewenangan pemerintah provinsi dan pemerintah pusat.

"Dengan kata lain, pertumbuhan ekonomi Kota Cimahi juga tergantung kebijakan pemerintah pusat, dan pemerintah provinsi jawa barat. Sehingga diperlukan sinergitas antara pemerintah pusat, provinsi dan daerah (kabupaten/kota)," terang Ngatiyana.

Disebutkan Ngatiyana, bimbingan teknis ini dilaksanakan untuk yang kedua kalinya, yang pertama pada tahun 2021, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi ASN di bidang perencana, sekaligus menyamakan persepsi untuk mengetahui arah yang akan menjadi kebijakan, sasaran serta prioritas pembangunan dan juga penguatan sinergi kerangka ekonomi makro antara pusat dengan provinsi maupun pemerintah kota.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Pj Walikota Cimahi Canangkan Bulan Dana PMI Tahun 2022

Senin, 21 November 2022 | 14:32 WIB

Pj Walikota Cimahi Hadiri Diskusi NGOBRAS

Kamis, 17 November 2022 | 12:05 WIB
X