• Rabu, 29 Juni 2022

Lembaga dan Organisasi Tingkat Kelurahan Ikut Berperan Dukung Pembangunan Kota Cimahi

- Selasa, 17 Mei 2022 | 14:47 WIB
Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana berdialog dengan jajaran lembaga kewilayahan membahas program pembangunan, Selasa (17/5/2022).
Plt Wali Kota Cimahi, Ngatiyana berdialog dengan jajaran lembaga kewilayahan membahas program pembangunan, Selasa (17/5/2022).

Cimahi, Zonabandung.com,- Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Ngatiyana berdialog dengan jajaran lembaga di wilayah Kelurahan Pasirkaliki Peningkatan Kapasitas Kelembagaan di Kelurahan Pasirkaliki, Kota Cimahi. Kegiatan tersebut sekaligus membahas pelaksanaan program pembangunan di Kota Cimahi dengan peran penting yang dijalankan oleh lembaga atau organisasi di kelurahan.

"Pembangunan merupakan hal yang sangat mendasar dalam sebuah negara. Pemerintah memiliki kewajiban untuk mensejahterakan rakyatnya, dan salah satunya adalah melalui pembangunan," ujar Ngatiyana.

Menurutnya, pembangunan di wilayah menjadi upaya dengan ruang lingkup kegiatan yang menyentuh pemenuhan berbagai macam kebutuhan sehingga segenap anggota masyarakat dapat mandiri, percaya diri, tidak bergantung, dan dapat lepas dari belenggu keterpurukan yang membuat hidup sengsara.

Baca Juga: Ultah ke-61, bank bjb Berikan Keuntungan Bagi Nasabah dan Masyarakat

"Makna pembangunan masyarakat melalui pemberdayaan adalah bagaimana membangun kelembagaan sosial ekonomi, yang mampu memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk mendapat lapangan kerja dan pendapatan yang layak, kebebasan menyampaikan pendapat, berkelompok dan berorganisasi, dan berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan pembangunan,” ungkapnya

Dijelaskan Ngatiyana, perangkat kelurahan mulai dari RT, RW hingga lurah adalah operator pembangunan, kualitas perangkat adalah syarat mutlak suksesnya pembangunan.

"Oleh karena itu salah satu sumberdaya penggerak pembangunan perkotaan yang sangat perlu ditingkatkan kualitasnya adalah para ketua RT dan RW, mereka adalah perangkat  paling bawah yang bersentuhan langsung dengan masyarakat," tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Ngatiyana menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap unsur masyarakat dan khususnya para ketua lembaga kemasyarakatan, aparatur kelurahan dan kecamatan yang telah bersama-sama dengan pemerintah kota melaksanakan pembangunan dalam upaya memajukan dan mensejahterakan masyarakat.

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X