• Rabu, 29 Juni 2022

Kakanwil Kemenkumham Jabar Buka Diseminasi Kewarganegaraan Di Kabupaten Bandung

- Jumat, 17 Juni 2022 | 11:42 WIB
Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo membuka kegiatan Diseminasi Kewarganegaraan di Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (17/6/2022).
Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo membuka kegiatan Diseminasi Kewarganegaraan di Soreang Kabupaten Bandung, Jumat (17/6/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo membuka kegiatan Diseminasi Kewarganegaraan bertempat di salahsatu hotel di Soreang Kabupaten Bandung, Jumat, 17 Juni 2022.

Pembukaan Diseminasi Kewarganegaraan itu diikuti pula para pimpinan tinggi Kanwil seperti Kadiv Adminsitrasi, Anggiat Ferdinan, Kadiv Imigrasi, Yayan Indriana dan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM  dan 150 orang peserta  dari berbagai stackholder.

Kakanwil, Sudjonggo mengatakan kegiatan sosialisasi kewarganegaraan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bagaimana proses kewarganegaraan ini dilaksanakan dengan standar operasional prosedur (SOP) yang telah ada dan tentunya sesuai dengan UU No.12 Tahun 2006 Tentang Kewarganegaraan RI.

Baca Juga: Jangan Takut Laporkan Kekerasan Anak ke DP3A

Kata Sudjonggo, kegiatan pengkajian dan verifikasi data kewarganegaraan dilaksanakan oleh tim yang telah dibentuk dengan melibatkan unsur terkait ( stakeholder )  yang ada di wilayah Jawa Barat

' Pada bagian inilah yang menentukan pemohon bisa dilanjutkan permohonannya ke rahapan berikutnya terutama hal - hal yang menyangkut kemampuan berbahasa dan pengenalan Indonesia', terangnya.

Pemaknaan pengenalan tentang negara Indonesia  dengan sendirinya pemohon memiliki kecintaan dan mempunyai rasa memiliki ( Sense of belonging )  terhadap negara Indonesia, jelas Sudjonggo.

' Karena secara politik,status legal seorang warga negara adalah mahluk legal tamg bertindak menurut hukum dan memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan negara', pungkas Sudjonggo.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X