• Senin, 15 Agustus 2022

Jabat Ketua MAA Jabar, Teuku Zilmahram: Aceh dan Jawa Barat Punya Historis

- Senin, 27 Juni 2022 | 18:12 WIB

Bandung, Zonabandung.com - Wali Nanggroe Paduka Yang Mulia Tgk. Malik Mahmud Al Haytar melantik kepengurusan Majelis Adat Aceh (MAA) Jawa Barat periode 2022-2027 di Hotel Grand Tebu Bandung, Minggu malam 26 Juni 2022.

Usai Pengukuhan, Ketua MAA Jabar Drs. Teuku Zilmahram, MM. Psi mengatakan, Aceh memiliki kekhususan, salah satunya memiliki sebuah lembaga yang disebut MAA.

“Setiap propinsi di Indonesia, terdapat perwakilan MAA, pelantikan atau pengukuhan Pengurus MAA, merupakan representasi untuk menjaga adat istiadat di Aceh, tentu kita di daerah Jabar juga membangun dan memperkuat sesama anak bangsa,” papar Zil usai kegiatan.

Karena itu, masyarakat Aceh paham benar dengan yang namanya Bhinneka Tunggal Ika, salah satu falsafah yang dijunjung tinggi.

Karena itu tak heran, antara Aceh dan Jawa Barat mempunyai historis yang cukup lama, bahkan sejak jaman penjajahan.

Tubagus Paseh atau lebih dikenal dengan Raden Fatahilah, yang berhasil mengusir penjajah Portugis dari tanah Jawa.

“Fatahilah atau Faletehan (sebutan orang Portugis) merupakan tokoh penyebar Islam yang dikenal memimpin penaklukkan Sunda Kelapa. Dia juga yang mengganti namanya menjadi Jayakarta yang sekarang kita kenal dengan Jakarta. Penaklukkan ini adalah salah satu misinya untuk menyebarkan Islam ke Jawa Barat. Beliau ini merupakan salah satu putra Aceh,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengucapkan selamat atas pelantikan MAA Jabar, semoga bisa bekerjasama membangun Jawa Barat.

“Perbanyak kolaborasi, bukan kompetensi, karena dengan kolaborasi apa yang ingin kita capai, tentunya akan lebih mudah,” ujar Emil.

Dia juga mengatakan, masyarakat Aceh yang ada di Jawa-Barat banyak berkontribusi, bukan tangan kebawah. 

Halaman:

Editor: Shelly Sillviana Dahlia

Tags

Terkini

Kejari Kota Bandung Rehab Dua Pengguna Narkoba

Rabu, 10 Agustus 2022 | 14:34 WIB
X