Pemkot Bandung Siapkan Strategi Dampak Kenaikan Harga BBM

- Kamis, 8 September 2022 | 22:32 WIB
Pemkot Bandung siapkan strategi antisipasi dampak kenaikan harga BBM.
Pemkot Bandung siapkan strategi antisipasi dampak kenaikan harga BBM.

Bandung, Zonabandung.com,- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menyiapkan strategi dan langkah lanjutan usai pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) subsidi.

Strategi tersebut berupa pemberian stimulus kepada kelompok rentan secara ekonomi bisa mengurangi risiko penurunan daya beli masyarakat akibat penyesuaian harga BBM.

Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan, penyesuaian harga BBM berdampak terhadap kenaikan harga barang dan jasa.

Baca Juga: Hadiri Sertijab Kepala BPK Provinsi Jabar, Ema: Selalu Bersinergi dan Berkolaborasi

"Pemkot Bandung sangat memahami dampak yang terjadi, kami harus bekerja keras yang lebih optimal untuk bisa merespon harapan masyarakat dengan program yang kami siapkan. Yaitu memberikan solusi dan bantuan bagi masyarakat yang terdampak," kata Ema, Kamis 8 September 2022.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kata Ema, Pemkot Bandung tengah menyiapkan dana sebesar Rp9,291 miliar untuk digunakan berbagai kegiatan penanggulangan dampak inflasi kenaikan BBM.

"Kami merancang kegiatan dengan memanfaatkan 2 persen dari dana transfer umum. Ada angka Sementara 9,291 miliar kita coba formulasikan dengan berbagai kegiatan," ujarnya.

Ia mengatakan, dana tersebut nantinya akan dialokasikan untuk mengadakan pasar murah, operasi pasar yang akan menyasar seluruh kecamatan di Kota Bandung.

"Ada pasar murah dan operasi pasar. Kalau operasi pasar kita targetkan masyarakat ekonomi rendah. Dalam pasar murah kami minta prioritas masyarakat bawah sehingga mereka tidak kena imbas dampak kenaikan BBM," katanya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Tedy Rusmawan Ajak Warga Manfaatkan Forum Musrenbang

Selasa, 31 Januari 2023 | 12:28 WIB
X