• Jumat, 2 Desember 2022

Ketua Umum AAI Officium Nobile Wajibkan Anggotanya Berikan pendampingan Hukum Secara Graris

- Sabtu, 19 November 2022 | 11:10 WIB
Pelantikan DPC AAI Officium Nobile wilayah Jawa Barat, Jumat (18/11/2022).
Pelantikan DPC AAI Officium Nobile wilayah Jawa Barat, Jumat (18/11/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Ketua Umum Asosiasi Advokat Indonesia (AAI) Officium Nobile, Palmer Situmorang instruksikan pengurus dan anggotanya di daerah membentuk Pos Bantuan Hukum (Posbakum) guna memberikan pelayanan hukum secara gratis untuk warga tidak mampu.

Hal itu disampaikan Palmer Situmorang usai Pelantikan 6 DPC AAI Officium Nobile wilayah Jawa Barat di Hotel Preanger, Kota Bandung, Jumat 18 November 2022.

Memberikan pelayanan hukum secara cuma-cuma kepada masyarakat yang tidak mampu dan mendekatkan advokat kepada masyarakat merupakan program prioritas dari DPP. 'layanan Posbakum tersebut merupakan perintah Undang-undang yang menjadi landasan para advokat dalam bekerja. Layanan yang baik pun akan menjadi pembeda di antara organisasi sejenis'ujar Palmer.

Baca Juga: KSP Moeldoko: PLTA Kayan Cascade, era baru proses produksi energi di Indonesia

Lebih lanjut dikatakan Palmer Situmorang, advokat itu harus memberikan pelayanan secara cuma-cuma kepada masyarakat, makanya kita wajibkan semua DPC menjadi ketua Posbakum. Nanti juga lulusan PPA yang baru lulus jadi advokat mereka punya tempat magang dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang hukum,”tegasnya.

'Masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum bisa mendatangi kantor DPC AAI Officium atau Posbakum di sejumlah instansi. Di sana, mereka bisa berkonsultasi mengenai beragam permasalahan atau bahkan pendampingan hukum dalam sebuah perkara.

“Semua hal bisa dikonsultasikan. Kebutuhan hidup masyarakat antara makan dan hukum itu pararel, ada masalah warisan lah, perceraian, kekerasan dalam rumah tangga dan banyak lagi kasus.

Untuk semua orang tidak mampu, akan diberikan bantuan hukum. Bukan cuma konsultasi tapi bisa pendampingan asalkan sudah jadi kasus,” terang dia.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X