• Selasa, 21 September 2021

Kanwil Kumham Jabar Kini Miliki Kebon Kangkung Hidroponik Di Green House

- Kamis, 22 Juli 2021 | 12:26 WIB

Bandung - zonabandung.com - Kanwil Kemenkumham Jabar kini memiliki kebon kangkung Hidroponik Geeen House bertempat di belakang kantor wilayah.

Tani kangkung hidroponik itu dilakukan bekerjasama dengan Lembaga Barisan Hejo yang dikomandoi Eka Santosa.

-

Media tanamnya cukup mudah, hanya dengan air dan paralon yang dibuat berjejer dan dialiri air sirkulasi dengan volume kecil. Tidak perlu lahan luas.

Sejak ditanam hingga dapat dipanen hanya waktu singkat yakni 15 hari. " Jadi hanya butuh waktu 15 hari sejak ditanam sudah dapat dipanen dengan panjang rata - rata 30 cm". Ada tiga tempat tanam kangkung dan bayam ( green house ) yang kini telah ditumbuhi kangkung dan bayam.

Untuk panen perdana kemerin, Rabu pagi, 21 Juli 2021 dilakukan Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo didampingi Kadiv Administrasi, Ngadiono Basuki dan Kadiv Pemasyarakatan, Taufiqurrakhman serta para Kepala UPT se Bandung raya.

Sudjonggo mengatakan tanam kangkung hidroponik seperti ini sangat menghasilkan dan mudah dilakukan semua orang. Ini ada tiga empat yang dinamakan green house, cukup mudah merawatnya. Hanya mengecek sirkulasi airnya dan bahan materialnyapun cukup mudah didapat. Hanya pipa paralon dan selang kecil dan wadah plastik untuk tempat tumbuhnya kangkung, ujar Sudjonggo.

Dalam dua minggu kangkung bisa langsung dipanen. Saat dipetik, cukup potong bagian batang dan daunnya saja, biarkan akarnya tetap tumbuh karena batang kangkung akan terus bertumbuh sehingga bisa dipanen terus menerus, tandasnya.

Hasil panen kangkung dari satu tempat green house itu mencapai 30 hingga 40 kg per dua minggu. Dan jika dijual nilainya cukup menggiurkan yaitu sekira 300 ribu - 400 ribu per dua minggu, ungkapnya.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kecamatan Batununggal Kota Bandung Gelar Vaksinasi

Jumat, 17 September 2021 | 20:48 WIB
X