• Senin, 29 November 2021

Ini Yang Dilakukan Kades Karyamukti Tentang Penanganan Covid-19

- Kamis, 9 September 2021 | 22:30 WIB
Kepala Desa Karyamukti, Moh Bunyamin Khan SH.
Kepala Desa Karyamukti, Moh Bunyamin Khan SH.

Majalengka, Zonabandung.com,- Desa Karyamukti Kecamatan Panyingkiran, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kini tengah menggencarkan program vaksinasi massal untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. sekitar 40 persen masyarakat sudah ikut vaksinasi dan akan terus berlanjut.

Dalam upayanya itu, pemerintah desa melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan covid-19 di desa, Siaga covid-19 merupakan salah satu upaya pemdes Karyamukti untuk melindungi masyarakat dari penyebaran covid-19, selain itu pemdes Karyamukti juga menyediakan ruang isolasi mandiri milik desa.

'Pihak desa terus melakukan edukasi sosialisasi kepada masyarakat mencegah penyebaran covid-19 dengan ikut vaksinasi warga juga diminta mengikuti protokol kesehatan (prokes) sebagai upaya memutus rantai penyebaran Covid-19, dan harus ikut untuk divaksin.' Kata kepala desa Karyamukti, Moh Bunyamin Khan SH. Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Puncak Haornas ke-38, Atal S. Depari Terima Penghargaan Anugerah Olahraga

Sebelumnya desa pernah musyawarah membahas tentang relawan covid-19 yang ada di desa Karyamukti dan membahas kerjasama dengan gugus tugas yang ada di Puskesmas ataupun Kecamatan Panyingkiran tentang pelaksanaan standar operasional pencegahan. Dilaksanakan sesuai dengan arahan, dan waktu itu pun juga ada pendampingan (penanganan Covid-19) dari Kejaksaan negeri Majalengka dan telah dilaksanakan di desa Karyamukti oleh Kejaksaan, katanya.

'Kita fokus kepada hasil musyawarah desa tentang relawan covid-19 dan memberi arahan kepada masyarakat agar bekerjasama dengan gugus tugas yang ada di puskesmas atau kecamatan Panyingkiran karena didalam pelaksanaan standar operasionalnya belum tahu cara penanganan tentang covid-19 itu dikembalikan kepada gugus tugas tingkat kecamatan dan pengarahan ke pihak puskesmas dan apabila keadaan mendesak (lonjakan kasus) seperti bulan sebelumnya, kami sudah menyediakan rumah untuk isolasi mandiri sesuai standar sesuai arahan gugus dari provinsi dan pusat yang datang ke desa Karyamukti. tambah kades.

'Alhamdulillah semua terarah dan bisa diarahkan, dalam isolasi mandiri maupun yang dirujuk ke rumah sakit, adapun yang terjadi bagi masyarakat yang melakukan isolasi mandiri dalam penanganan covid-19 disediakan makanan siap saji dan sembako. kami juga memberikan bantuan dari anggaran dana desa untuk pembelian masker, sanitizer, disinfektan, sambako. Selain itu kami Juga menyediakan makanan siap saji bagi masyarakat yang sedang isolasi mandiri.' pungkasnya.

Sementara menurut Didi salah seorang warga setempat, menyebutkan, pihak desa selalu datang ke warga secara door to door melakukan edukasi dan sosialisasi kepada warga tentang bahaya covid-19.

'Dan kami diarahkan untuk ikut Divaksin serta dihimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dilarang berpergian saat sekira itu tidak dianggap penting.' ujar Didi.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Diono Susilo: Nakes Pahlawan Masa Kini

Rabu, 10 November 2021 | 19:08 WIB

Pemkot Bandung Terus Gencarkan Prokes dan Vaksinasi

Selasa, 5 Oktober 2021 | 21:20 WIB
X