• Sabtu, 23 Oktober 2021

Lahan Sewa SAE Rutan Labuan Deli Panen Jagung 60 Ton Dan Mampu Dongkrak PNBP

- Minggu, 19 September 2021 | 14:24 WIB
Karutan Labuan Deli, Nimrot Sihotang saat panen jagung hasil inovasi pembinaan bidang pertanian jagung di lahan sewa.
Karutan Labuan Deli, Nimrot Sihotang saat panen jagung hasil inovasi pembinaan bidang pertanian jagung di lahan sewa.

Medan, Zonabandung.com,- Rutan Labuan Deli Kanwil Kemenkumham Sumut, mengadakan inovasi pembinaan bidang pertanian jagung di lahan sewa seluas 12 ha.

Lahan sewa seluas 12 ha itu ditanami jagung dan kali ini sudah panen ke dua di tahun ini dengan hasil yang sangat memukau, ujar Karutan Labuan Deli, Nimrot Sihotang kepada wartawan zonabandung.com via telepon, Minggu pagi, 19/09/2021.

Nimrot berkisah awalnya inovasi pertanian itu bermula dari dana mandiri koperasi pegawai untuk menyewa lahan seluas 4 ha. Setelah ada lahan 4 ha, Rutan Labuan Deli bekerjasama dengan Kementan melalui Ditjen untuk bantuan bibit jagung dan pupuk, terangnya.

Baca Juga: Sebelum Razia Kamar, Kalapas Garut Berikan Edukasi Napi Baru Untuk Patuh dan Taat Dengan Aturan Pemasyarakatan

Setelah dikelola dengan baik, akhirnya hasil panen dari 4 ha tersebut mampu menghasilkan 20 ton jagung sekali panen. Sejak itulah kita kembangkan lagi untuk memperluas lahan dengan menyewa untuk Sarana Asimilasi dan Edukasi ( SAE ) menjadi 12 ha, tutur Nimrot.

Panen jagung sekarang baru 25 ton dari lahan 5 ha. Sisanya bulan depan akan panen lagi dari lahan 7 ha dengan panen sekira 35 ton sehingga target hasil panen dari 12 ha tersebut mencapai 60 ton, pungkas Nimrot.

Ia menjelaskan pihaknya mentargetkan akan mampu menambah pemasukan negara ( PNBP ) sebesar Rp 3 jt per bulannya. Karena hasil panen jagung itu kita alokasikan untuk petugas dan pekerja, setor ke kas koperasi pegawai dan PNBP, ungkapnya.

Tambah Nimrot, pertanian jagung itu sudah berlangsung sejak tahun 2020 hingga saat ini. Dan pekerjanya pun adalah petugas Rutan dan warga binaan yang sedang menjalani asimilasi di rumah dan warga binaan yang sudah bebas, terang Nimrot.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X