• Sabtu, 23 Oktober 2021

Ini Baru Terobosan Nyata, Lapas Slawi Buat Eco Enzyme Dari Buah - Buahan

- Jumat, 24 September 2021 | 16:46 WIB
Saat pembinaan pada warga binaan di lapas Slawi.
Saat pembinaan pada warga binaan di lapas Slawi.

Slawi, Zonabandung.com,- Lapas Slawi kembali mengadakan suatu terobosan inovasi pembinaan terhadap warga binaan melalui pembuatan cairan disinfektan dari olahan buah - buahan ( Eco Enzyme ).

Pelatihan pembuatan Eco Enzyme itu dilakukan bekerjasama dengan komunitas Asobsi Kabupaten Tegal, PMI dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, ujar Kalapas Slawi, Mardi Santoso kepada wartawan zonabamdung.com via telepon selulernya, Jumat siang, 24 September 2021.

Baca Juga: Usai Rakernis, Lapas Tegal Sosialisasi Pemicu Ancaman Bahaya Kebakaran Kepada Napi

Mardi menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan itu merupakan bentuk Kepedulian Lapas Slawi terhadap isu pengelolaan sampah di Indonesia, dan peran serta aktif Lapas Slawi dalam kegiatan World Cleanup Daya (WCD) 2021, jelasnya.

Selain itu, Pelatihan Eco Enzyme tersebut bertujuan untuk peningkatan SDM WBP Lapas Slawi sehingga memiliki keahlian dalam pengelolaan sampah organik, dengan harapan ketika WBP Bebas dari Lapas dapat bermanfaat bagi lingkungan masyarakat, harap Mardi.

Cairan disinfektan Eco Enzyme itu ramah lingkungan karena bahan dasarnya terbuat dari buah - buahan seperti jeruk dan melon, terang Mardi.

'Kalau sudah banyak produksi , nanti akan kita gunakan untuk penyemprotan sterilisasi blok kamar hunian napi, kantor bahkan pemukiman warga diluar lingkungan Lapas sebagai wujud pencegahan penyebaran penularan virus covid, pungkasnya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X