• Minggu, 26 Juni 2022

GRANAT DIY Dukung Program Kemenkumham Lapas Bersinar

- Kamis, 11 November 2021 | 11:57 WIB
jajaran pengurus Granat DIY.
jajaran pengurus Granat DIY.

Yogyakarta, Zonabandung.com,- Gerakan Nasional Anti Narkotika Daerah Istimewa Yogyakarta (GRANAT DIY) menyambut baik dan mendukung program Lapas Bersih Narkoba.

Program kerjasama Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) DIY dan Kanwil Kemenkumham DIY tersebut diharapkan akan semakin mengoptimalkan upaya cegah tangkal peredaran gelap Narkoba.

Ketua Granat DIY Feryan Harto Nugroho mengatakan, meskipun program Lapas Bersinar belum lama dicetuskan, namun ia menilai program tersebut sangat baik.

Baca Juga: Kadiv PAS Kemenkunham Sumsel Pimpin Razia Kamar Napi Di Lapas Pagaralam

Menurutnya, Program Lapas Bersinar jika dilaksanakan dengan serius akan mempersempit celah peredaran gelap Narkoba, terutama di Lapas yang selama ini disinyalir menjadi tempat paling aman untuk para pengedar.

' Cegah tangkal narkoba ini rumit. Sudah menjadi rahasia umum, untuk masuk Lapas Narkoba sangat tidak mudah'.

Penah dulu kawan dari BNPP dan Polda mendapat penolakan dan barrier (penghadangan) luar biasa dari kawan-kawan yang sedang dalam pembinaan. Program Lapas Bersinar yang merupakan Kolaborasi BNNP dan Kanwil Kemenkumham DIY menurut saya sudah sangat baik.

Dengan program ini harapan kami peredaran gelap narkoba bisa terus dikurangi walaupun kecil atau sedikit, tapi pasti,” tuturnya, Selasa, 09 Nopember 2021.

Namun demikian, Ryan, sapaan akrab Feryan Harto Nugroho mengatakan, tantangan terberat dalam upaya cegah tangkal peredaran gelap Narkoba adalah kurangnya kepedulian masyarakat. Beberapa kasus Narkoba yang belakangan terungkap, seperti terbongkarnya pabrik obat terlarang di Gamping Sleman dan Kasihan Bantul yang sudah lama beroperasi, menunjukkan kurangnya partisipasi masyarakat dalam upaya cegah tangkal Narkoba, tandasnya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X