• Kamis, 19 Mei 2022

Diduga Melanggar Izin, Satgas Citarum Harum dan DLH Prov Jabar Beri Sangsi PT.Sinerga Nusantara Indonesia

- Sabtu, 15 Januari 2022 | 15:17 WIB
Kadis LH Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas bersama Satgas Harian Citarum Harum dan Dirjen Kemenko Maritim saat lakukan sidak.
Kadis LH Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas bersama Satgas Harian Citarum Harum dan Dirjen Kemenko Maritim saat lakukan sidak.

Kabupaten Bandung Barat, Zonabandung.com,- Tim Satgas Harian Citarum Harum bersama Dirjen Kemenko Maritim serta  Dinas Lingkungan Hidup Propinsi Jawa Barat (DLH Prov Jabar) melakukan Inspeksi mendadak (Sidak) ke PT.Sinerga Nusantara Indonesia sebuah Perusahaan pemanfaat limbah B3 beralamat di Desa Galanggang, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Jumat 14 Januari 2022.

Inspeksi ini dilakukan dalam rangka untuk memastikan pengolahan limbah B3 PT.Sinerga Nusantara Indonesia dan serangkaian Inspeksi dimulai dengan meninjau lokasi, vertivikasi kelengkapan dokumen serta izin-izin pengolahan limbah.

Sidak dipimpin langsung oleh Ketua Satgas harian Citarum Harum Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi Thamim dan Kadis LH Provinsi Jawa Barat Dr.Ir.Prima Mayaningtyas,M.Si, tim dari Dirjen Kemenko Maritim Marvest Shaleh, Dansektor 9 Ch Kol.A.Yani serta dari DLH KBB Jamil.

Baca Juga: Menpora Pastikan Kerjasama dengan PWI Terkait DBON

Kadis LH Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas menerangkan bahwa diduga kuat ada pelanggaran izin spot lahan oleh PT.Sinerga Nusantara Indonesia perusahaan pemanfaat limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) di Desa Galanggang kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat dipasang garis Line oleh tim penegakan Hukum (Gakum) Dinas Lingkungan hidup provinsi Jawa Barat (DLH).

"Pemasangan garis pembatas ini menandakan delineasi lahan tersebut saat ini berada dalam pengawasan tim Gakum DLH Provinsi Jawa Barat dan Satgas Citarum Harum," ujar Prima Mayaningtyas.

Atas temuan dan bukti tersebut  kepala Dinas LH Provinsi Jawa barat Dr.Ir.Prima Mayaningtyas,M.si dengan didampingi  ketua Satgas Harian Citarum Harum Mayjen (Purn) Dedi Khusnadi Thamim , Kementrian kemenko marves bp shaleh selaku direktur dikemenko marves serta Dansektor 9 Ch Kol A.Yani Menerapkan saksi penghentian sementara bagi PT. Sinerga yang berada di KBB.

"Pertimbangan dikeluarkan keputusan sangsi karena ada 15 item pelanggaran yang dilakukan PT. Sinerga diantaranya kegiatan yang dilakukan banyak diluar dokumen dari perijinan lingkungan yang telah diberikan," kata Prima Mayaningtyas.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X