• Kamis, 19 Mei 2022

424 Napi Kemenkumham Maluku Dapat Remisi Khusus Idul Fitri 2022

- Senin, 2 Mei 2022 | 17:56 WIB
Sebanyak 424 orang Narapidana di Lapas Maluku mendapatkan remisi khusus Idulfitri 1443 H.
Sebanyak 424 orang Narapidana di Lapas Maluku mendapatkan remisi khusus Idulfitri 1443 H.

Ambon, Zonabandung.com,- Sebanyak 424 orang Narapidana mendapat pengurangan masa pidana atau remisi di hari raya Idul Fitri Tahun 2022. Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Maluku H.M. Anwar saat menghadiri acara penyerahan remisi khusus idul fitri tahun 2022 yang berpusat di Lapas Ambon, Senin, 02 Mei 2022.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan HAM RI yang dibacakan oleh Kakanwil , menyampaikan tentang sistem Pemasyarakatan yang terus melaksanakan kegiatan pembinaan bagi warga binaan Pemasyarakatan dalam rangka reintegrasi di masyarakat nantinya.

Baca Juga: Kalapas Christo Berikan SK Remisi 373 Napi Lapas Sukabumi

Dalam sistem pemasyarakatan, narapidana dan anak berhak mendapat pembinaan rohani dan jasmani serta dijamin hak-haknya untuk menjalankan ibadah, berhubungan dengan pihak luar, memperoleh informasi, memperoleh pendidikan, termasuk mendapat pengurangan masa pidana atau remisi, kata Kakanwil.

Selanjutnya dalam acara tersebut tak lupa ia mengajak narapidana untuk terus instropeksi diri dalam menjalani masa pidana.

Pemberian remisi khusus idul fitri ini diharapkan dijadikan sebagai bahan renungan dan motivasi bagi Saudara-saudara untuk selalu introspeksi diri dan terus berusaha menjadi manusia yang lebih baik. Pencapaian Saudara hari ini membuktikan bahwa Saudara sekalian mampu mengubah diri menjadi manusia yang lebih baik, imbuhnya.

Berikut rincian jumlah narapidana yang mendapatkan remisi khusus idul fitri tahun 2022, yakni sebanyak 66 orang mendapat remisi 15 hari, 287 orang mendapat remisi 1 bulan, 63 orang mendapat remisi 1 bulan 15 hari, dan 8 orang mendapat remisi 2 bulan.

Dari 424 narapidana yang mendapat remisi tersebut, 1 orang dinyatakan langsung bebas hari ini yaitu salah satu narapidana dari Rutan Masohi, ungkap Kakanwil.

Ditempat terpisah, Kepala Divisi Pemasyarakatan, Saiful Sahri, yang menghadiri acara penyerahan remisi di Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ambon, turut memberikan apresiasi bagi 8 orang anak binaan yang mendapat remisi khusus idul fitri tahun 2022.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X