• Rabu, 30 November 2022

Dua Napi LP Cibinong Dibebaskan Dari Kantor Pemkab Bogor Usai Terima Remisi Kemerdekaan

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 15:11 WIB
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menyerahkan SK Remisi Kemerdekaan kepada warga binaan, Rabu (17/8/2022).
Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menyerahkan SK Remisi Kemerdekaan kepada warga binaan, Rabu (17/8/2022).

Cibinong, Zonabandung.com,- Kepala Lapas Cibinong, Usman Madjid dampingi Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan saat menyerahkan SK Remisi Kemerdekaan kepada warga binaan bertempat di Kantor Pemkab Bogor, Rabu, 17 Agustus 2022.

Penyerahan SK Remisi itu dilakukan secara simbolis kepada dua (2) napi bebas yang dibawa ke Kantor Pemkab Bogor, ujar Kepala Lapas Cibinong, Usman Madjid kepada zonabandung.com via telepon.

Usman menjelaskan Remisi merupakan pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga: Maknai HUT RI ke 77, Ketua KPK: Indonesia Merdeka Jika Bebas Dari Korupsi

Menurut Pasal 1 (ayat) 1 Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 174 Tahun 1999, remisi adalah pengurangan masa pidana yang diberikan kepada narapidana dan anak pidana yang telah berkelakuan baik selama menjalani pidana terkecuali yang dipidana mati atau seumur hidup.

Menurut Pasal 1 Ayat 3 Permen Kumham No. 7 Tahun 2022, Remisi adalah pengurangan menjalani masa pidana yang diberikan kepada Narapidana dan Anak yang memenuhi syarat yang ditentukan dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan pasal 10 Permen Kumham No. 7 Tahun 2022 Narapidana yang melakukan tindak pidana korupsi untuk mendapatkan Remisi, selain harus memenuhi persyaratan harus telah membayar lunas denda dan uang pengganti sesuai dengan putusan pengadilan.

Bagi narapidana yang melakukan tindak
pidana terorisme untuk mendapatkan Remisi berdasarkan pasal 8 Permen Kumham No. 7 Tahun 2022 juga harus memenuhi syarat:
a. telah mengikuti Program Deradikalisasi yang diselenggarakan oleh Lapas dan atau
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme; dan
b. menyatakan ikrar:
1. kesetiaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia secara tertulis bagi
Narapidana warga negara Indonesia; atau
2. tidak akan mengulangi perbuatan tindak pidana terorisme secara tertulis bagi narapidana warga negara asing.
3.
Proses pengusulan Remisi sesuai Permen Kumham No. 7 Tahun 2022 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pemberian Remisi, Asimilasi, Cuti Mengunjungi Keluarga, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, Dan Cuti Bersyarat sudah dilakukan secara online menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X