• Jumat, 2 Desember 2022

Lomba Tradisional Akhiri Rangkaian Peringatan HUT Proklamasi RI dan HDKD Kemenkumham ke 77

- Sabtu, 20 Agustus 2022 | 21:35 WIB
Lomba panjat pinang dalam rangka HUT Proklamasi RI dan HDKD Kemenkumham ke 77.
Lomba panjat pinang dalam rangka HUT Proklamasi RI dan HDKD Kemenkumham ke 77.

Jakarta, Zonabandung.com,- Kementerian Hukum dan HAM RI baru saja menyelesaikan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI dan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-77 tahun 2022.

Beragam perlombaan tradisional turut menyemarakkan momen penting di Kemenkumham ini.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham, Andap Budhi Revianto mengatakan lomba tradisional sengaja dipilih untuk menguatkan nilai-nilai luhur yang telah menjadi cerminan bangsa Indonesia sejak dulu.

Baca Juga: Peringatan HUT ke 77 Provinsi Jabar bank bjb Gelar Penghargaan Nasabah Setia

Ada lomba panjat pinang, tarik tambang, balap karung, dan balapan bakiak. Lomba-lomba ini bukan hanya euforia belaka, namun mengajarkan nilai luhur Bangsa Indonesia kepada pegawai Kemenkumham, tuturnya, Sabtu, 20 Agustus 2022.

Andap menjelaskan panjat pinang mengajarkan arti gotong royong di antara anggota tim, kerja keras, sikap pantang menyerah, rela berkorban, dan bersemangat tinggi untuk mencapai puncak pohon pinang.

Ada pula tarik tambang memperkuat soliditas dan mempererat hubungan antar anggota tim. Lomba ini mengajarkan pegawai nilai suportif, kerjasama dan kepemimpinan.

Pegawai Kemenkumham juga turut dalam lomba balap karung. Dalam lomba ini, ada kalanya peserta terjatuh saat berlari, kemudian harus bangkit lagi hingga akhirnya berhasil dan sukses mencapai garis finish. Menurut Andap, ini merupakan gambaran pantang menyerah untuk mencapai tujuan akhir.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X