• Rabu, 30 November 2022

PWI Pusat Gelar Rapat Pleno Pengunduran Diri Dua Wartawan Lampung

- Senin, 22 Agustus 2022 | 21:47 WIB
Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar rapat pleno terkait pengunduran diri anggota PWI Lampung, Senin (22/8/2022).
Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar rapat pleno terkait pengunduran diri anggota PWI Lampung, Senin (22/8/2022).

Jakarta, Zonabandung.com,- Pengurus Harian Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat menggelar rapat pleno terkait pengunduran diri anggota PWI Lampung karena telah melakukan pelanggaran berat.

Hasil Rapat Pleno Pengurus Harian PWI Pusat memutuskan menerima pengunduran diri dua oknum anggota PWI Lampung karena telah melakukan pelanggaran berat Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI, Kode Prilaku Wartawan dan Kode Etik Jurnalistik.

"Ini adalah perilaku paling memalukan dan berharap ini adalah kasus terakhir yang melibatkan anggota PWI dan ini adalah pelanggaran berat," tegas Ketua Umum PWI Pusat, Atal S Depari dalam Rapat Pleno PWI Pusat, Senin 22 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemkot Bandung Terus Akselerasi Pengentasan Kemiskinan

Atal S Depari juga akan mengusulkan ke Dewan Pers untuk mencabut kartu Sertifikasi Uji Kompentensi Wartawan mereka ke Dewan Pers.

Dua oknum anggota PWI Lampung inisial JI dan GY, diduga kuat melakukan pemerasan terhadap salah satu pejabat di lingkungan Dinas BMBK Lampung. Pasca peristiwa memalukan tersebut, kedua oknum wartawan mengajukan surat pengunduran diri dari kepengurusan dan anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung.

Hasil keputusan Rapat Pleno PWI Provinsi Lampung dan Dewan Kehormatan Provinsi Lampung mengatakan, meski belum berkekuatan hukum tetap, kedua pengurus PWI Lampung ini diduga telah melakukan pelanggaran etika dan mencemarkan nama baik organisasi (pasal 8 Peraturan Dasar PWI).

Selanjutnya, hasil Rapat Pleno Pengurus PWI Lampung dan Dewan Kehormatan, menyerahkan sepenuhnya kepada PWI Pusat untuk penyelesaian permasalahan tersebut berdasarkan PD/PRT PWI.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Dewan Penasehat PWI Pusat, Fachry Mohamad mengatakan bahwa kasus pemerasan yang dilakukan dua anggota PWI Lampung sangat mencederai organisasi tertua wartawan di Indonesia, dan sangat mendukung langkah tegas yang dilakukan Ketua Umum PWI Pusat.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X