• Sabtu, 23 Oktober 2021

Aneka Ragam Batik Hasil Karya Warga Binaan Lapas Permisan Dijual Umum

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 14:34 WIB
Berbagai macam motif batik hasil tangan para napi Nusakambangan
Berbagai macam motif batik hasil tangan para napi Nusakambangan

Nusakambangan, Zonabandung.com,- Batik adalah identitas dan budaya bangsa Indonesia yang bernilai tinggi sehingga harus dilestarikan. Untuk itu peran serta masyarakat sangat diperlukan, tidak terkecuali bagi mereka yang sedang menjalani pidananya di dalam Lembaga Pemasyarakatan, tanpa terkecuali Lapas Kelas IIA Permisan Nusakambangan.

Keterampilan membatik warga binaan pemasyarakatan di dapat dari sesama warga binaan yang di tunjang dengan pelatihan-pelatihan kemandirian yang di adakan oleh Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Permisan selama ini berkerjasama dengan berbagai pihak yang ada di Cilacap, ujar Kalapas Permisan Nusakambangan Kanwil Kumham Jateng, Sopian kepada wartawan zonabandung.com via telepon selulernya, Minggu, 29/08/2021.

Kata Sopian, Adapun jenis batik yang kita miliki seperti batik Cap, Batik Tulis dan Batik Kombinasi yang menjadi produk Unggulan Batik Nusakambangan Lapas Permisan.

Berbagai macam jenis batik yang dihasilkan oleh warga binaan dipasarkan melalui media online baik di instagram, facebook, website khusus hasil kemandirian warga binaan maupun kerjasama dengan berbagai tempat strategis dan hits di daerah  Cilacap, pungkasnya.

Ia berharap semoga kehadiran industri batik yang ada di Lapas Permisan ini bisa terus berkembang dan mampu bersaing dengan batik-batik lain yang ada di Indonesia.

‘Mari memakai Batik dan lestarikan demi kemajuan bangsa Indonesia’, imbuh Sopian.

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X