• Senin, 29 November 2021

bank bjb Berkomitmen Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan di Kalangan Pelajar

- Selasa, 7 September 2021 | 14:34 WIB
bank bjb berkomitmen wujudkan inklusi keuangan pelajar (Dok.bjb)
bank bjb berkomitmen wujudkan inklusi keuangan pelajar (Dok.bjb)

Bandung, Zonabandung.com,- Pemerintah Indonesia tengah berupaya mendorong peningkatan indeks inklusi keuangan hingga mencapai 90% pada 2024. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 114 Tahun 2020 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI).

Salah satu tujuannya adalah untuk memacu peningkatan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh. Oleh karenanya, sejumlah strategi pun telah disiapkan guna mewujudkan akses layanan keuangan yang mudah dijangkau masyarakat seluruh lapisan.

Upaya peningkatan inklusi keuangan juga dilakukan di kalangan pelajar. Pasalnya, berdasarkan data yang dihimpun Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, jumlah penduduk di kelompok usia pelajar pada rentang usia 5-19 tahun di Indonesia mencakup lebih dari 24% total penduduk.

Baca Juga: Komoditas Pertanian Unggulan Baru, bank bjb Dukung Pertumbuhan Lahan Porang

Pelajar menempati komposisi yang cukup signifikan dalam demografi kependudukan nasional. Segmen usia ini berpotensi tinggi membantu pertumbuhan ekonomi negara bila mayoritas di antaranya telah memanfaatkan layanan keuangan dengan menabung atau berinvestasi.

Namun sayangnya, hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2019 menunjukan bahwa tingkat literasi dan inklusi keuangan kelompok pelajar usia 15-17 tahun di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini menunjukan bahwa belum banyak pelajar di Indonesia yang telah memanfaatkan produk atau layanan keuangan.

'Padahal, akses terhadap layanan memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup serta mewujudkan kemandirian ekonomi. Untuk itu, bank bjb memiliki komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di kalangan pelajar dengan berbagai program,' ungkap Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi.

Salah satu langkah yang tengah didorong adalah membantu menyukseskan program Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR) yang diinisiasi OJK bekerjasama dengan perbankan di Indonesia. bank bjb mewujudkannya melalui tabungan yang khusus diperuntukan bagi anak dan pelajar, yakni bjb SimPel (Simpanan Pelajar) dan bjb Tandamata My First.

bjb SimPel adalah produk tabungan khusus pelajar yang diterbitkan secara nasional oleh bank-bank di Indonesia, dengan persyaratan mudah dan sederhana serta fitur yang menarik. Sementara bjb Tandamata My First diperuntukan bagi anak maksimal 17 tahun untuk mulai belajar dan membudayakan menabung.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Dukung Permodalan Usaha, Bank Bjb Siapkan Kredit Mikro

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:45 WIB

KPR bank bjb Terus Tumbuh di 2021

Rabu, 7 Juli 2021 | 17:01 WIB
X