• Minggu, 23 Januari 2022

Binaan bank bjb, Petani Milenial Sukses Ekspor Komoditas Kelinci dan Domba

- Sabtu, 6 November 2021 | 19:31 WIB
Program Petani Milenial yang diluncurkan oleh Pemprov Jabar didukung bank bjb.
Program Petani Milenial yang diluncurkan oleh Pemprov Jabar didukung bank bjb.

Bandung, Zonabandung.com,- Program Pemerintah Provinsi Jawa Barat ‘Petani Milenial’ yang didukung oleh bank bjb, berhasil mencetak petani berjiwa muda yang saat ini sudah mengekspor hasil komoditinya ke mancanegara.

Salah satu cerita sukses petani milenial yang didukung oleh bjb adalah Yoga Tri Herlambang. Dia merupakan owner The Bachelor Rabittery yang berhasil mengekspor 200 ekor kelinci ke Filipina dengan nilai sekitar Rp1,5 miliar pada Agustus silam.

Yoga sebenarnya bukan seorang peternak. Kesukaannya terhadap kelinci berawal dari hobi memelihara saja. Namun seiring waktu, kecintaannya terhadap kelinci mendorongnya untuk mulai membiakan kelinci dengan melakukan breeding berbagai jenis ras kelinci atau meningkatkan jenis populasi ras tertentu yang memiliki demand pasar yang tinggi.

Baca Juga: Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit (SVIB)Telah Berikan 28 Ribu Dosis Pada Warga

Lambat laut usahanya mulai berkembang. Dengan memanfaatkan saluran distribusi online, kelinci hasil pembiakannya berhasil menembus pasar internasional seperti Filipana, Pakistan, Malaysia, dan Saudi Arabia.

Beternak komoditas kelinci dipilih karena memiliki target pasar ekspor yang jelas serta belum banyak peternak kelinci lain yang memilik pasar ekspor. Selain itu berkat kemampuan memenuhi pasar  ekspor The Bachelor Rabittery  ditunjuk sebagai tempat karantina kelinci dari seluruh Indonesia yg akan di ekspor ke luar negeri oleh Kementan RI.

Jenis spesies kelinci yang dikembangkan Yoga berasal dari bibit yang diimpor langsung dari Amerika Serikat dan sejumlah negara Eropa. Jenis kelincinya adalah Netherland Dwarf, New Zealand White, Californian, German Giant, Checkerd Giant, dan Transylvanian Giant.

Berkat keberhasilannya itu, The Bachelor Rabittery memperoleh kepercayaan bergabung dalam program Petani Milenial dan bertindak sebagai offtaker. Saat ini The Bachelor Rabittery memiliki beberapa mitra binaan peternak yang semuanya berasal dari kalangan milenial.

Guna mencapai target tersebut dibutuhkan dukungan perbankan untuk dapat memberikan pembiayaan bagi para mitra peternak yang selama ini memenuhi kebutuhan ekspor. Dengan semakin banyak jumlah ekspor, maka semakin banyak peternak dan jumlah kelinci yang harus dikembangbiakan.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dukung Permodalan Usaha, Bank Bjb Siapkan Kredit Mikro

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:45 WIB
X