Inilah beberapa Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim

- Kamis, 15 Desember 2022 | 21:44 WIB
Kredit bjb Mesra, pinjaman bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil atau bahkan baru mau memulai usaha.
Kredit bjb Mesra, pinjaman bagi masyarakat yang memiliki usaha kecil atau bahkan baru mau memulai usaha.

Bandung, Zonabandung.com,- Memulai usaha tidak selalu memerlukan modal yang besar. Untuk sejumlah bisnis tertentu, Anda bisa jadi hanya memerlukan modal seadanya. Namun, bukan berarti bisnis Anda tidak akan berkembang.

Terlebih di zaman serba canggih seperti saat ini, kegiatan berbisnis sudah sangat dipermudah. Anda bahkan bisa berbisnis dengan tidak melangkahkan kaki ke luar rumah, dengan mengandalkan sosial media dan e-commerce.

Besar atau kecilnya modal bukan jaminan sebuah usaha dapat berkembang. Dengan sejumlah strategi, Anda bisa memajukan bisnis Anda dengan perlahan namun pasti, meski dengan modal seadanya.

Baca Juga: Akhir Tahun Nabung di bank bjb, Banyak Pilihan Hadiah Langsung

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah dengan memilih model bisnis yang tepat. Berikut contoh-contoh bisnis yang dapat Anda coba dan tidak memerlukan modal besar.

  1. Bisnis Reseller

Dengan menjadi reseller, Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membuat produk sendiri. Anda hanya perlu menjual kembali barang yang Anda dapatkan dari produsen atau pemasok. Tentu saja Anda masih memerlukan modal untuk membeli sejumlah barang yang diinginkan. Namun, modal tersebut tidak akan sebesar bila Anda memproduksi barang sendiri. Kesepakatan besaran margin penjualan dapat didiskusikan dengan pemilik produk.

  1. Content Creator

Menjadi pembuat konten menarik di media sosial atau content creator bisa dilakukan siapa saja. Anda dapat menentukan tema konten untuk media sosial Anda sendiri, ataupun menawarkan jasa pembuatan konten untuk orang lain. Keduanya sama-sama dapat menghasilkan asal dilakukan dengan konsisten.

Bila membuat konten untuk diri sendiri, Anda berkesempatan meraup pundi-pundi rupiah dari berbagai kerja sama promosi seperti endorsement ataupun iklan. Sementara, bila Anda membuat konten untuk orang lain, Anda dapat memasang tarif sendiri dari setiap konten yang Anda ciptakan. Untuk memulainya, Anda hanya memerlukan kuota internet (atau WiFi), smartphone dan kreativitas.

  1. Pengusaha Makanan ringan/kudapan sederhana

Media sosial saat ini sudah menjadi 'gudang' berbagai resep makanan ringan atau camilan sederhana yang hanya memerlukan dua hingga tiga bahan makanan saja. Bahan-bahan makanan tersebut bahkan mudah dijumpai di pasaran. Anda bisa bereksperimen dengan mengkreasikan resep-resep tersebut untuk dijual. Jangan lupa, manfaatkan pula media sosial untuk memasarkan produk Anda.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Workshop Bisnis bjb PESATkan UMKM Hadir di Lampung

Selasa, 31 Januari 2023 | 14:56 WIB

Nabung Di bank bjb, Langsung Bawa Pulang Sepeda Motor

Senin, 30 Januari 2023 | 13:53 WIB

bank bjb Raih Predikat Indonesia Most Trusted Companies

Selasa, 27 Desember 2022 | 17:52 WIB

Inilah beberapa Tips Memulai Usaha dengan Modal Minim

Kamis, 15 Desember 2022 | 21:44 WIB

bank bjb Raih LPS Banking Award 2022

Kamis, 1 Desember 2022 | 10:08 WIB

Dirut bank bjb Yuddy Renaldi Raih CEO of The Year 2022

Jumat, 25 November 2022 | 12:51 WIB
X