• Sabtu, 23 Oktober 2021

UMKM Go Digital Bersama bank bjb

- Rabu, 28 April 2021 | 11:37 WIB

Bandung, Zonabandung.com, -- Digitalisasi hadir sebagai salah satu arus yang menjadi penggerak zaman. Arusnya terasa semakin deras saat pandemi COVID-19 melanda. Masyarakat berbondong-bondong bermigrasi menggunakan beragam piranti teknologi digital, dari sekadar untuk berinteraksi, bekerja, hingga bertransaksi untuk pemenuhan kebutuhan konsumsi. Hampir semua sisi kehidupan manusia disusupi oleh modus operasi perangkat teknologi.

Bank Indonesia (BI) mengestimasikan nilai transaksi uang elektronik tumbuh empat kali lipat dari Rp47,5 triliun di 2019 menjadi Rp201 triliun pada 2020. Aliran uang belanja ratusan triliun itu tentu saja mengucur ke kantong-kantong pengelola bisnis daring, dalam hal ini UMKM sebagai pelaku utamanya.

Sayangnya, belum semua UMKM di Indonesia mampu mendapat jatah kue pendapatan dari penjualan digital itu. Baru ada sekitar 8 juta dari 64 juta UMKM dalam negeri yang telah melakukan perambahan digital. Tak mengherankan bila pemerintah kemudian memasang target penambahan UMKM Go Digital secara berkala untuk mencapai angka 30 juta UMKM Go Digital pada 2030.

-

"Mulai 2021 hingga 2023 ditargetkan 6,1 juta UMKM onboarding setiap tahunnya. Sehingga mencapai 30 juta pada akhir 2023," kata Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan Pada momen peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia bulan Januari 2021 lalu.

Untuk mencapai target tersebut, pemerintah sudah mempersiapkan banyak cara. Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang merupakan program kolaborasi juga adalah bagian dari rumpun agenda dalam mendorong UMKM Go Digital ini.

bank bjb yang dikenal sebagai perbankan nasional sahabat UMKM turut serta melibatkan diri secara intensif dalam mendukung percepatan migrasi digital pelaku UMKM. Langkah itu dijalankan melalui berbagai strategi, termasuk program pelatihan dan kerja sama.

Salah satu bentuk dukungan bank bjb ini tercermin melalui kehadiran platform inkubasi bisnis digital pelaku UMKM binaan bank bjb yakni bjb DiSentra (Digital Sistem Edukasi dan Interaksi) sebagai sarana edukasi terpadu UMKM Go Digital.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Dukung Permodalan Usaha, Bank Bjb Siapkan Kredit Mikro

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:45 WIB

KPR bank bjb Terus Tumbuh di 2021

Rabu, 7 Juli 2021 | 17:01 WIB
X