• Senin, 29 November 2021

bank bjb Dorong Pewujudan Masyarakat Cashless lewat Transaksi Digital

- Kamis, 6 Mei 2021 | 15:26 WIB

Bandung, Zonabandung.com -- Saat ini, digitalisasi adalah kata kunci yang tak lagi bersifat opsional, namun merupakan kewajiban untuk dapat maju dan bersaing di berbagai bidang. Terlebih di masa pandemi Covid-19, dimana banyak kegiatan masyarakat dipaksa untuk dapat terselenggara secara virtual.

Mulai dari kegiatan sekolah, kegiatan perkantoran, seni dan pertunjukan, juga pembayaran jual beli berbagai barang kebutuhan. Oleh karenanya, transaksi konvensional menggunakan uang kertas dengan bertatap muka saat ini pun terus tergeser ke arah digital dengan memanfaatkan uang digital.

Sebagai bagian dari kehidupan bermasyarakat yang dinamis, digitalisasi sudah menjadi fokus pengembangan produk bank bjb sejak beberapa tahun belakangan. Sehingga, di masa pandemi Covid-19, banyak layanan perbankan bank bjb yang bisa diakses para nasabah juga masyarakat luas dengan mudah.

Seperti misalnya layanan bjb DiGi. Layanan ini merupakan bentuk evolusi dari bjb SMS, dimana nasabah dapat melakukan transaksi perbankan secara digital (e-banking) dimana saja dengan bermodalkan smartphone. Di dalamnya terdapat perpaduan layanan yang dapat diakses dari dari bjb Net, bjb SMS dan bjb Mobile dengan menu yang lebih interaktif dan user-friendly.

“Sehingga, nasabah tak perlu datang ke kantor cabang bank bjb untuk mengakses layanan perbankan. Hal ini sangat sejalan dengan instruksi pemerintah kepada masyarakat, untuk lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah selama pandemi serta mengurangi interaksi demi menjaga protokol kesehatan,” ungkap Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto.

Selain itu, bank bjb juga mengembangkan uang elektronik yang memanfaatkan teknologi aplikasi mobile, yakni bjb DigiCash. Uang elektronik ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai transaksi, mulai dari pembelian pulsa hingga pembayaran pajak.

Fitur yang dapat dimanfaatkan lewat bjb DigiCash antara lain transfer dana atau saldo, pembayaran pajak kendaraan bermotor dan PBB, pembelian pulsa berbagai provider, hingga melakukan transaksi pembelanjaan di berbagai merchant dengan metode QR Code.

Adapun QR Code yang berlaku di Indonesia adalah QRIS, dikembangkan oleh Bank Indonesia serta Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). Tujuannya adalah untuk mendukung interkoneksi instrumen sistem pembayaran yang lebih luas serta mengakomodasi kebutuhan transaksi keuangan secara nasional.

Para pengguna uang elektronik bjb DigiCash dapat melakukan pembayaran di gerai-gerai produk berlogo QRIS. Mulai dari aneka produk UMKM, merchant kuliner, dan sebagainya.

Halaman:

Editor: Topan

Terkini

Dukung Permodalan Usaha, Bank Bjb Siapkan Kredit Mikro

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:45 WIB

KPR bank bjb Terus Tumbuh di 2021

Rabu, 7 Juli 2021 | 17:01 WIB
X