• Sabtu, 23 Oktober 2021

Ditengah Pandemi Covid-19, bank bjb Dukung Geliat dan Pelestarian Seni Budaya

- Rabu, 2 Juni 2021 | 14:15 WIB

Bandung, Zonabandung.com,-- Pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung sekitar 1,2 tahun di Indonesia telah melumpuhkan berbagai sektor usaha. Tidak terkecuali bagi pelaku di industri seni dan budaya.

Merujuk data hasil survei yang dilakukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui Ditjen Kebudayaan pada April 2020, sedikitnya ada 40.081 seniman yang terdampak Covid-19 karena pembatalan pertunjukan dan festival seni. Pekerja seni tersebut mayoritas dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta. Padahal saat itu Pemberlakuan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk mencegah kerumunan dan penyebaran Covid-19 baru berjalan sekitar 1 bulan. Bisa dibayangkan, jika PSBB yang kemudian berubah konsep menjadi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) itu berjalan selama hampir 1 tahun, beberapa pelaku seni banyak yang terkena dampaknya.

Pemerintah tidak tinggal diam. Melalui Kemendikbud dibuatlah terobosan baru yaitu program pertunjukan daring yang dinamai Budaya Saya. Program ini bertujuan untuk mewadahi para pekerja seni dan budaya agar tidak kehilangan pekerjaannya dalam berekpresi dan memastikan bahwa ekosistem dari kebudayaan bisa terus berjalan.

Tidak cuma mengandalkan pemerintah, antarpelaku seni pun berkolabroasi menggelar pertunjukan daring secara mandiri.

Perlahan namun pasti, pelaku seni mulai beradaptasi dengan pandemi dan mengandalkan platform digital untuk mempertunjukan karyanya salah satunya melalui konser virtual. Melalui media digital, karya justru dikenal lebih luas dan di waktu bersamaan mampu membangun hubungan yang personal dengan penontonnya karena mereka menyaksikan lewat gawai.

bank bjb menaruh perhatian serius mengenai dampak pandemi terhadap pelaku seni dan budaya ini.

Dalam suatu acara, Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan bank bjb selalu ingin terlibat dalam upaya mendukung geliat dan pelestarian seni-budaya sebagai representasi kearifan lokal, sekaligus merupakan aset kebanggan yang menjadi ciri khas kekayaan budaya Indonesia.

Apa yang disampaikan Yuddy tersebut terwujud dalam berbagai konser virtual yang digelar oleh bank bjb.

Pada Agustus 2020, atau lima bulan sejak pandemi merebak di Indonesia, bank bjb mensponsori konser virtual Isyana Sarasvati dalam tajuk The Journey Show. Isyana tampil dengan delapan lagu terbaiknya diiringi band pengiring. Tercatat konser tersebut disaksikan oleh 1.632 viewers.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Dukung Permodalan Usaha, Bank Bjb Siapkan Kredit Mikro

Selasa, 31 Agustus 2021 | 11:45 WIB

KPR bank bjb Terus Tumbuh di 2021

Rabu, 7 Juli 2021 | 17:01 WIB
X