• Senin, 5 Desember 2022

Bupati Bandung Barat Nonaktif, Aa Umbara Sutisna Mengaku Tak Bersalah dan Mohon Dibebaskan

- Senin, 1 November 2021 | 22:21 WIB
Tim Penasihat Hukum Bupati Bandung Barat Nonaktif, Aa Umbara Sutisna
Tim Penasihat Hukum Bupati Bandung Barat Nonaktif, Aa Umbara Sutisna

Bandung, Zonabandung.com,- Tim Penasihat Hukum, Rizki Rizgantara dan Dr.Heri Gunawan,SH.MH, selaku penasihat hukum Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna yang menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi pengadaan bantuan sosial (bansos) COVID-19 di Bandung Barat, meminta majelis hakim yang menyidangkannya untuk membebaskan Aa Umbara Sutisna dari semua dakwaan dan tuntutan Jaksa Penuntut Umum KPK.

Hal tersebut disampaikan tim penasihat hukum dalam nota pembelaannya dibacakan dalam pesidangan yang digelar majelis hakim diketuai Surachmat di Pengadilan Tipikor Bandung pada Senin 1 Nopember 2021.

Dalam pembelaan tim penasihat hukum menyebutkan bahwa terdakwa sebagai Kepala  Daerah berupaya  dan berkorban serta perjuangannya agar mampu dan dapat bermanfaat bagi masyarakat  yang dilanda penderitaan akibat covid 19, sama sekali tidak menduga kalau harus mendapat tuntutan 7 tahun penjara.

Baca Juga: Sebut Dakwaan KPK Tak Cermat, Tim Penasihat Hukum Minta Totoh Dibebaskan

Penasihat hukum juga menyampaikan berbagai hal  untuk menjadi pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan putusannya, diantaranya  bahwa berdasarkan fakta-fakta dan keterangan saksi-saksi yang terungkap dalam persidangan, dalam dugaan kasus korupsi bantuan sosial Covid 19 di Kabupaten Bandung Barat tidak terbukti ada kerugian negara.

'Terdakwa tidaklah mendapat keuntungan dalam pengadaan Bansos Tanggap Darurat pandemik covid 19 di Kabupaten Bandung Barat serta tidak mendapat keuntungan dalam dugaan Jual Beli Jabatan pada pemerintahan Kabupaten Bandung Barat.

'Pengadaan bansos tanggap darurat pandemic covid 19 di Kabupaten Bandung Barat tepat sasaran dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Bandung Barat,' Kata Rizky dalam pledoinya.

Sementara dalam pembelaan pribadinya yang dibacakan Aa Umbara Sutisna  secara virtual dari Rutan Bandung, juga meminta Majelis Hakim yang dipimpin Surachmat agar membebaskan dirinya dari segala tuntutan hukum yang diajukan Jaksa Penuntut Umum KPK.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Hukuman Penjara

Rabu, 16 November 2022 | 19:29 WIB

Sidang Lanjutan Doni Salmanan Kembali Digelar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:21 WIB
X