• Rabu, 10 Agustus 2022

Kejari Muara Enim Hentikan Penuntutan Kasus Pencurian Handphone

- Jumat, 26 November 2021 | 22:04 WIB
Kejaksaan Negeri  Muara Enim hentikan penuntutan kasus pencurian
Kejaksaan Negeri Muara Enim hentikan penuntutan kasus pencurian

Palembang, Zonabandung.com,- Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim menghentikan penuntutan terhadap tersangka A kasus pencurian satu unit handphone merek Oppo Reno 4 X di Muara Enim. Saat ini tersangka tukang ojek tersebut telah dibebaskan.

Kepala Kajari Muara Enim, Irfan Wibowo menerangkan, upaya damai secara restorative justice ini disaksikan Jaksa Agung Republik Indonesia didampingi oleh Jaksa Agung Muda Tindak Pidana serta Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan bertempat di kantor kejaksaan tinggi sumateta selatan di Palembang pada Kamis 25 Nopember 2021.

Irfan mengungkap  tersangka A merupakan tukang ojek  dan korban sudah bertemu dan sepakat damai.

Baca Juga: HDCI Dukung Kebangkitan Sektor Ekonomi dan Pariwisata

‘Antara pelaku dan korban telah sepakat berdamai. Pihak korban sudah memaafkan tersangka dan hanya meminta handphone yang sudah diambil tersangka untuk dikembalikan, sedangkan tersangka pun mengatakan sangat menyesali perbuatannya dan berjanji tidak mengulanginya lagi, sehingga JPU melakukan restorative justice juga tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana.

Irfan Juga menyebutkan, karena kejadian tersebut, istri tersangka yang sebelumnya tidak bekerja, namun karena suaminya mendekam di penjara sehingga dengan terpaksa ia harus bekerja untuk menafkahi keluarga dan anak-anaknya.

'Kini dengan dilaksanakannya penghentian penuntutan berdasarkan keadilan restoratif, tersangka A sudah dapat berkumpul kembali dengan keluarganya. Namun meskipun penuntutan telah dihentikan, kita tetap melakukan pemantauan terhadap pelaku agar tidak mengulangi lagi perbuatannya.' Ujar Irfan.

Peristiwa pencurian yang dilakukan tersangka terjadi pada hari Minggu tanggal 19 September 2021 sekira pukul 11.00 WIB bertempat di Depan Toko Ikan di Jalan Pramuka, Kelurahan Pasar II, Kecamatan Muara Enim, Kabupaten Muara Enim.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Ketum GMBI Divonis 6 Bulan Penjara

Rabu, 27 Juli 2022 | 22:44 WIB
X