• Kamis, 19 Mei 2022

Tim Penasihat Hukum Rizky Rizgantara,SH Menyatakan DakwaanJaksa Prematur

- Rabu, 22 Desember 2021 | 20:33 WIB
Suasana sidang dugaan korupsi aset desa Kabupaten Bandung Barat di Pengadilan Negeri Bandung.
Suasana sidang dugaan korupsi aset desa Kabupaten Bandung Barat di Pengadilan Negeri Bandung.

Bandung, Zonabandung.com,- Tim Penasihat Hukum Rizky Rizgantara,SH meminta majelis hakim menolak dan menyatakan dakwaan jaksa penuntut umum terhadap Jajang Ruhiyat terdakwa dugaan korupsi aset desa tidak dapat diterima.

Hal itu disampaikan Rizky Rizgantara
dalam nota eksepsinya yang dibacakan dalam persidangan yang digelar Majelis Hakim diketuai Benny,SH. di Pengadilan Tipikor Bandung pada Rabu 22 Desember 2021.

Kepda wartawan Rizky mengatakan
Setelah timnya selaku penasehat hukum terdakwa Jajang Ruhiyat menerima dakawaan, kemudian di pelajari secara komprehensif. 'Kami perlu melakukan eksepsi terhadap dakwaan jaksa penuntut umum karena menurut kami dakwaan tersebut prematur.'ujar Rizky usai sidang.

Baca Juga: PPUMI Korwil Jabar Gelar Webinar Women's Day Pemberdayaan Perempuan Dalam UMKM

'Pertama materi keberatan yang kami sampaikan, adalah terkait dengan kewenangan mengadili atau kompetensi absolut suatu peradilan.

Penasihat Hukum Rizky Rizgantara,SH

'Menurut kami apa yang di dakwakan terkhusus kemudian terkait objek perkara yang di dakwakan itu terkait SK, penghapusan tanah kas desa yang di buat oleh klien kami.

Kami nilai bahwa itu adalah merupakan kompetensi atau kewenangan peradilan tata usaha negara (PTUN) untuk memutuskan apakah terkait dengan surat keputusan ada penyalahgunaan kewenangan yang dilakukan oleh terdakwa dalam perkara ini,' ujarnya.

Terlebih ada aturan berdasarkan Undang-undang administrasi pemerintahan terkait dengan penjabat daerah atau penyelenggara pemerintahan. 'Jika mengeluarkan tindakan atau keputusan yang dinilai menyalahgunakan kewenangan, maka surat keputusan yang terbit itu dianggap tidak pernah ada. Dan segala akibat yang timbul terhadap surat itu dinyatakan tidak pernah ada.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Eks Ketua Kadin Jabar Dituntut 4 Tahun Penjara

Jumat, 22 April 2022 | 15:55 WIB

JPU Minta Hakim Tolak Eksepsi Habib Bahar

Selasa, 19 April 2022 | 14:09 WIB
X