• Senin, 15 Agustus 2022

Eks Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi Pekan Depan Akan Disidangkan

- Rabu, 25 Mei 2022 | 16:08 WIB
Pengadilan Tipikor PN Bandung
Pengadilan Tipikor PN Bandung

Bandung, Zonabandung.com,- Penuntut umum KPK telah melimpahkan berkas perkara Wali Kota Bekasi nonaktif Rahmat Effendi. Kasus suap itu akan segera disidangkan pekan depan di Pengadilan Tipikor Bandung.

Pelimpahan dilakukan jaksa penuntut umum (JPU) KPK ke Pengadilan Tipikor Bandung pada Selasa (24/5) kemarin.

"Jaksa KPK Heradian Salipi telah selesai melimpahkan berkas perkara dan surat dakwaan terdakwa Rahmat Effendi dkk ke Pengadilan Tipikor pada PN Bandung," ucap Juru Bicara KPK Ali Fikri via pesan singkat, Rabu (25/5/2022).

Baca Juga: Terkait Pelayanan Publik, Wali Kota Padang Temui Yana

Selain berkas perkara Rahmat Effendi, JPU KPK juga melimpahkan berkas perkara milik tersangka lain yakni Wahyudin, M Bunyamin, Mulyadi alias Bayong dan Jumhana Lutfi. Meski sudah dilimpahkan, penahanan para terdakwa menjadi wewenang Pengadilan Tipikor. Namun, sejauh ini para terdakwa masih dititipkan di rutan KPK.

"Rahmat Effendi dan Wahyudin di Rutan KPK pada gedung Merah Putih. M. Bunyamin, Mulyadi alias Bayong dan Jumhana Lutfi di Rutan KPK pada Kavling C1," kata dia.

Sementara itu, saat ini tim jaksa KPK masih menunggu penetapan dan penunjukkan majelis hakim dan waktu penetapan sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan.

Adapun para terdakwa didakwa Pasal 12 huruf a Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP atau dakwaan kedua Pasal 11 Jo Pasal 18 UU Tipikor Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 Jo Pasal 65 ayat (1) KUHP.

Sementara itu, dihubungin diruangannya Panitera Muda Tipikor PN Bandung Yuniar membenarkan adanya pelimpahan berkas perkara itu.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Ketum GMBI Divonis 6 Bulan Penjara

Rabu, 27 Juli 2022 | 22:44 WIB
X