• Rabu, 7 Desember 2022

Jaksa Tetap Nyatakan Terdakwa Johanes Marinus Lunel Bersalah

- Kamis, 30 Juni 2022 | 20:10 WIB
Suasana sidang terdakwa Johanes Marinus Lunel di di Pengadilan Negeri Bandung.
Suasana sidang terdakwa Johanes Marinus Lunel di di Pengadilan Negeri Bandung.

Bandung, Zonabandung.com,- Terdakwa Johanes Marinus Lunel (82) dituntut pidana selama 2 tahun 3 bulan penjara.

Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Bandung dalam tuntutannya menyatakan terdakwa telah terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sebagaimana Pasal 378 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam uraian tuntutan tim Jaksa Penuntut Umum Lucki dan Dior yang disampaikan pada Majelis Hakim yang diketuai A.A Gede Putra SH.M.Hum pada sidang yang lalau menyebutkan; bahwa berdasarkan keterangan saksi-saksi yang terungkap dalam persidangan diproleh fakta bahwa terdakwa Johanes Marinus Lunel telah terbukti sah dan meyakinkan bersalah melakukan perbuatan sebagaimana Pasal yang didakwakan.

Baca Juga: bjb SiMuda, Wujudkan Keinginan Mahasiswa dan Pemuda di Masa Depan

'Menuntut agar terdakwa Johanes Marinus Lunel dengan hukuman selama 2 tahun dan 3 bulan penjara. 'ujar jaksa dalam sidang tuntutan pada pekan lalu.

Atas tuntutan tersebut penasihat hukum terdakwa  Febri Diansyah mengajukan pembelaan (Pledoi) pada sidang  di gelar di Pengadilan Negeri Bandung Kelas IA Khusus Selasa 28/06/2022.

Dalam pledoi tersebut pada intinya menyatakan terdakwa tidak terbukti melakukan perbuatan melawan hukum sebagaima dakwaan jaksa penuntut umum.

'Terdakwa tidak menikmati sama sekali uang yang dituduhkan tersebut justru uang tersebut digunakan untuk kepentingan umum, untuk kepentingan penyelamatan Akademi Keperawatan Kebonjati, karena itu adalah kepentingan umum atau kepentingan kemasyarakatan seharusnya membuat terdakwa tidak bisa dipidana” ujar Febri.

'Tuduhan atau tuntutan penuntut umum itu tidak benar, bukti yang diajukan ada 5 orang saksi yang diajukan di persidangan oleh penuntut umum, 3 diantaranya dipandang tidak kredibel secara hukum, sehingga itu tidak punya kekuatan pembuktian'. Ungkap Pebri.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Hukuman Penjara

Rabu, 16 November 2022 | 19:29 WIB

Sidang Lanjutan Doni Salmanan Kembali Digelar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:21 WIB
X