• Kamis, 29 September 2022

Perkara Pengelapan Terdakwa Iwan Santoso Dilimpahkan Kembali Ke PN Bandung

- Jumat, 2 September 2022 | 13:39 WIB
Perkara pengelapan terdakwa Iwan Santoso dilimpahkan kembali ke PN Bandung.
Perkara pengelapan terdakwa Iwan Santoso dilimpahkan kembali ke PN Bandung.

Bandung, Zonabandung.com,- Tim Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Bandung telah melimpahkan kembali ke Pengadilan Negeri Bandung Perkara kasus pengelapan dengan terdakwa Iwan Santoso pada Rabu 31 Agustus 2022.

Perkara ini sempat menjadi sorotan lantaran Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung yang diketuai Agung Gede Susila melalui Penetapan mengembalikan berkas perkara ke Kejaksaan.

"Menyatakan penuntutan perkara atas nama Iwan Santoso tidak diterima. Mengembalikan perkara ke Kejari Bandung," ucap hakim.

Baca Juga: Atas Kepatuhan Regu Pengamanan, Karutan Kota Agung Kumham Lampung Berikan Penghargaan

Walaupun Hakim beralasan, perkara dikembalikan ke kejaksaan lantaran Jaksa dianggap tidak mampu menghadirkan terdakwa ke dalam persidangan padahal posisi terdakwa sedang ditahan dalam penahanan Majelis Hakim, Atas Penetapan Majelis hakim tersebut jaksa penuntut umum tetap melaksanakan dan mengeluarkan terdakwa Iwan Santoso dari dalam tahanan.

'Kita menghormati keputusan hakim tapi kita juga punya hak untuk keberatan dan hak melimpahkan kembali terdakwa Iwan Santoso ke Pengadilan untuk disidangkan kembali.' Ujar JPU.

Sebenarnya Kita tidak sependapat dengan mejelis hakim yang dalam penetapannya menyatakan terdakwa Iwan Santoso tidak dapat mengikuti persidangan dikarenakan sakit.

'Atas penilaian dokter Rumah Sakit Hasan Sadikin, disimpulkan Iwan Santoso telah sehat dan tidak perlu rawat inap serta dapat menjalani proses persidangan dengan diberikan obat yang memadai oleh tim dokter dari RS Hasan Sadikin," ujar JPU.

Namun agar proses hukum tetap berjalan, dan pencari keadilan mendapatkan haknya untuk mendapatkan keadilan, JPU memilih untuk segera melimpahkan kembali berkas perkara ini ke pengadilan.

Penetapan majelis hakim yang mengembalikan berkas perkara ke Kejaksaan tesebut juga disoroti pihak
pelapor kasus tersebut, Lie Po Fung, yang melaporkan penetapan itu ke Mahkamah Agung (MA).

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Sidang Kasus Narkotika Satu Ton Sabu Hadirkan 10 Saksi

Selasa, 30 Agustus 2022 | 18:40 WIB
X