• Selasa, 31 Januari 2023

Kasus Proyek DAM Parit Kerawang Vonis Hakim Disorot GPHN RI

- Senin, 10 Oktober 2022 | 19:14 WIB
Sidang kasus proyek DAM Parit Kerawang di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (10/10/2022).
Sidang kasus proyek DAM Parit Kerawang di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (10/10/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan vonis 4 tahun penjara terhadap Ir.Hj Usmaniah.

Dalam pertimbangan majelis yang diketuai M.Syarif menyebutkan mantan Kepala Bidang Prasarana Pada dinas Pertanian Kabupaten Karawang selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) terdakwa Ir.hj, Usmaniah telah terbukti menyalahgunakan jabatan dalam penggunaan dana proyek DAM Parit di Dinas Pertanian (Distan) Kerawang yang diterima oleh 109 kelompok tani tahun anggaran 2018.

Vonis itu dibacakan majelis hakim di Pengadilan Tipikor Bandung Jalan RE Martadinata Bandung pada Senin 10 Oktober 2022.

Baca Juga: DPRD Umumkan Perubahan Komposisi Alat Kelengkapan Dewan

Pantauan Zonabandung terdakwa Hj. Usmaniah mengikuti persidangan secara online, dipersidangan hanya dihadiri penasihat hukumnya.

Dalam uraiannya majelis hakim menyebutkan berdasarkan keterangan saksi-saksi dan fakta yang terungkap dalam persidangan terdakwa selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) telah melakukan penyimangan dalam penggunaan dana pembuatan Dam Parit yang bersumber dari dana negara.

'Uang potongan dari dana DAK Pembuatan Dam Parit tersebut diterima oleh terdakwa dari Dedi, Ade Irmah dan Iman senilai Rp.284 juta sebagian diberikan oleh terdakwa kepada LSM dan Wartawan sebagai uang kerohiman agar tidak menggangu pelaksanaan pekerjaan.

Hal itu merupakan untuk kepentingan pribadi terdakwa,maka uang Rp.284 tersebut merupakan tanggung jawab terdakwa sehinga terdakwa harus dihukum mengembalikan kerugian negara senilai Rp.284 juta tersebut'Tegas hakim.

Atas vonis tersebut JPU maupun terdakwa menyatakan pikir-pikir.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB
X