• Selasa, 31 Januari 2023

Dinilai Lambat Proses Laporan Dugaan Korupsi. Kejari Garut Di Praperadilankan

- Senin, 14 November 2022 | 22:01 WIB
Sidang praperadilan Kejari Garut kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Sukanagara Cisompet, di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (14/11/2022).
Sidang praperadilan Kejari Garut kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Sukanagara Cisompet, di Pengadilan Negeri Bandung, Senin (14/11/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Kejaksaan Negeri (Kejari) Garut di praperadilankan advokat Asep Muhidin,SH,dan Rekan. Mereka menilai Kejari Garut lambat memproses laporan pengaduan kasus dugaan tindak pidana korupsi Dana Desa Sukanagara Cisompet Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut tahun 2019-2020.

Hal ini disampaikan Asep Muhidin,SH, yang merupakan pelapor kasus tersebut kepada wartawan usai sidang Praperadilan di Pengadilan Negeri Bandung,Jalan Martadinata kota Bandung,Senin (14/11/2022).

"Alasan kita melakukan praperadilan ini di Pengadilan Negeri Bandung, dimana Pengadilan Negeri Bandung ini memiliki kewenangan relatif absolut dalam memeriksa Praperadilan tindak pidana korupsi. Ini bukan kewenangan Pengadilan Negeri Garut,tapi adalah Pengadilan Negeri Bandung' ujar Asep Muhidin.

Baca Juga: Anggota Rupam Lapas Jelekong Raih Juara I Cabor Sambo Porprov Jabar XIV 2022

Menurut Asep Muhidin,gugatan praperadilan terhadap Kejari Garut terkait ada dua laporan dugaan tindak pidana korupsi, dimana laporan tersebut menurut penghitungan dari Inspektorat Garut sudah ada kerugian kurang lebih senilai Rp.320 juta, tapi sampai saat ini entah kenapa belum ada yang ditetapkan sebagai tersangka.'Jelasnya.

'Padahal perhitungan kerugian negaranya sudah ada,perbuatan melawan hukumnya juga sudah ada, tapi sampai saat ini belum ada progres tindak lajutnya' kata Asep.

Dalam guatannya Asep memohon hakim, mengabulkan permohonan Preperadilannya
memerintahkan Termohon (Kejari Garut) untuk melakukan serangkaian permeriksaan dalam proses hukum selanjutnya sesuai dengan ketentuan hukum.

Menangapi gugatan praperadilan tersebut Kejari Garut dalam jawabannya yang dibacakan dalam persidangan berkesimpulan objek permohonan praperadilan beserta dalil-dalil yang disampaikan oleh pemohon tidaklah relevan.

Dimana termohon telah melakukan langkah-langkah sebagaimana yang harus ditempuh sesuai dengan standar operasional Kejaksaan RI dalam penanganan perkara Tindak Pidana Khusus.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB
X