• Selasa, 31 Januari 2023

Erdi D Soemantri,SH Mohon Majelis Hakim Batalkan Dakwaan Terhadap Lolok Tiviyanto

- Senin, 28 November 2022 | 14:57 WIB
Sidang terdakwa Lolok Tiviyanto di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (28/11/2022).
Sidang terdakwa Lolok Tiviyanto di Pengadilan Tipikor Bandung, Senin (28/11/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Penasihat hukum Erdi D. Soemantri,SH., meminta Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Bandung yang diketuai Fajar Kusuma Aji,SH.MH., menyatakan dakwaan Jaksa Penuntut Umum Kejari Cirebon terhadap terdakwa Lolok Tiviyanto,SE.MSi., Batal Demi Hukum dan segera mengeluarkannya dari dalam tahanan.

Hal itu disampaikan Erdi D Soemantri,SH., dalam eksepsinya yang dibacakan dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor Bandung Pada Senin 28 Nopember 2022.

Dalam uraian eksepsinya Erdi menyebutkan, dakwaan JPU terhadap terdakwa Lolok Tiviyanto tidak memenuhi sebagai mana yang di syaratkan dalam pasal 143 ayat 2 KUHAPidana.

Baca Juga: PWI Jabar Juara Umum Porwanas XIII, Jadi Pemilik Tetap Piala Presiden

Dakwaan JPU menurut Erdi, tidak menguraikan secara cermat dan jelas terkait perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh terdakwa Lolok Tiviyanto.

Fakta hukum yang diungkapkan JPU dalam dakwaan tidak sesuai dengan keterangan saksi-saksi yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) maupun berdasarkan hasil pemeriksaan tim Kejaksaan Tinggi yang melakukan audit tujuan tertentu, apa yang didalilkan dalam dakwaan JPU tidak mengacu atau berdasarkan BAP saksi-saksi dan tersangka.Bahkan fakta yang diungkapkan JPU di putar balikkan untuk memenuhi dakwaannya'jelas Erdi.

Dalam eksepsi Erdi, juga menyoroti JPU, dimana penyidik perkara ini juga menjadi penuntut umum,penggunaan kewenangan secara sewenang-wenang,sepatutnya dilakukan oleh orang yang berbeda,
ditambah lagi audit yang dilakukan oleh Internal Kejaksaan Tinggi yang seyogyanya berpungsi.

'Penetapan tersangka dan tindakan upaya paksa dilakukan terlebih dahulu baru mencari kerugian negara'tegas Erdi.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB
X