• Selasa, 31 Januari 2023

Dua Terdakwa Kasus Korupsi Proyek Jalan Kabupaten Sumedang Di Vonis 1,5 Tahun Penjara

- Rabu, 18 Januari 2023 | 19:59 WIB
Sidang vonis dua terdakwa korupsi peningkatan jalan Kabupaten Sumedang di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (18/1/2023).
Sidang vonis dua terdakwa korupsi peningkatan jalan Kabupaten Sumedang di Pengadilan Tipikor Bandung, Rabu (18/1/2023).

Bandung, Zonabandung.com,- Majelis hakim Pengadilan Tipikor Bandung menjatuhkan vonis 1,5 tahun hukuman penjara terhadap dua terdakwa korupsi peningkatan jalan di Kabupaten Sumedang.

Vonis tersebut lebih ringan enam bulan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Sumedang yang menuntut dua terdakwa yakni, Heru Heryanto dan Asep Darajad (PPK) masing-masing selama 2 tahun penjara denda Rp 100 juta subsidair 3 bulan kurungan.

Dalam pertimbangan majelis hakim menyebutkan berdasarkan fakta dan keterangan saksi-saksi dipersidangan  terdakwa Heru Heryanto dan Asep Darajad telah terbukti melakukan korupsi dalam proyek peningkatan ruas jalan di Keboncau-Kudawangi, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang.

Baca Juga: Kakanwil Kumham Jabar Andika Lantik Kepala Imigrasi Dan Eselon IV, V se Jabar

'Menyatakan para terdakwa terbukti melakukan korupsi sebagai mana dakwaan  Subsidair Pasal 3 Jo pasal 18.UU Tipikor. Menjatuhkan pidana terhadap para terdakwa masing- masing selama 1 tahun dan 6 bulan penjara. Denda Rp.100 juta Subsidar 1 bulan kurungan' Ujar hakim.

Sebelum menjatuhkan amar vonisnya Majelis hakim mempertimbangkan, hal yang memberatkan  para terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi dan hal yang meringankan kedua terdakwa, sopan dalam persidangan, mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya,serta telah mengembalikan kerugian negara.

Vonis itu dibacakan Majelis Hakim diketuai Dodong di Pengadilan Tipikor Bandung pada Rabu 18 Januari 2023.

Atas vonis tersebut terdakwa Heru Haryanto menyatakan pikir-pikir selama seminggu. Sementara Asep Darajad menyatakan menerima.

'Saya menerima majelis hakim ' kata Asep Darajad kepada majelis hakim melalui layar minitor.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB
X