• Rabu, 7 Desember 2022

Terpidana Mantan Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen Kembali Di Tuntut 4 Tahun Penjara

- Senin, 30 November 2020 | 15:08 WIB

Bandung, Zonabandung.com,- Belum selesai menjalani hukuman pidana selama 8 tahun hukuman penjara atas kasus korupsi suap, mantan Kalapas Sukamiskin Wahid Husein kini  kembali dituntut  pidana 4 tahun penjara denda Rp.200 juta, jika tidak dibayar ditambah hukuman 4 bulan.

Wahid  kembali dinyatakan  menerima suap sebuah mobil Pajero Sport dari Radian Azhar yang telah di Vonis selama 18 bulan penjara.

Dalam tuntutan, JPU KPK Eko Wahyu Prayitno yang dibacakan dalam sidang dipimpin Ketua Majelis Hakim Daryanyo dipengadilan Tipikor Bandung Senin 30 Desember 2020.

Menyatakan, terdakwa sebagai pegawai negeri, Kalapas Sukamiskin telah terbukti menerima hadiah atau janji, yakni satu unit mobil mitsubishi Pajero Sport dakkar 4x2 seharga Rp 517 juta dari Radia  Azhar.

Pemeberian tersebut untuk menggerakan, melakukan atau tidak melakukan sesuatu dalam jabatannya, yang bertentangan dengan kewajibannya, yaitu, pemberian mobil tersebut agar Radian Azhar dapat ditunjuk sebagai mitra kerjasama di Lapas Sukamiskin, dan itu bertentangan dengan kewajibannya sebagai penyelenggara negara.

Suap itu terjadi saat terdakwa melakukan Sertijab sebagai Kalapas Sukamiskin di Maret 2018. Terdakwa bertemu dengan Radian yang pernag menjadi mitra kerjasama  di Lapas Madiun dan Narkotiika Klas 2 Bandung dengan Wahid Husein.

Disebutkan, dalam pertemuan itu terdakwa meminta agar menukar mobil Kijang Inova miliknya dengan Toyota Fortuner. Radian pun berjanji akan memenuhinya, dan diganti dengan Mitsubishi Pajero,” ujar Penuntut Umum.

Kemudian Radian  memerintahkan stafnya untuk membeli Mitsubishi Pajero Sport seharga Rp 517 juta lebih dengan cara dicicil atas nama Muahir. Di awal Mei terdakwa kemudian mengenalkan Radian kepada staf Lapas Sukamiskin.

Di Juni 2018, Radian menempatkan beberapa stafnya di Lapas Sukamiskin untuk menjalankan mesin percetakan dan mulai menerima berbagai orderan, baik dari internal Lapas Sukamiskin ataupun dari luar.

Halaman:

Editor: Ramdan

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Hukuman Penjara

Rabu, 16 November 2022 | 19:29 WIB

Sidang Lanjutan Doni Salmanan Kembali Digelar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:21 WIB
X