• Rabu, 7 Desember 2022

Bupati Garut Rudi Gunawan Jadi Saksi Sidang Korupsi Terdakwa Kadis Dispora

- Senin, 11 Januari 2021 | 17:31 WIB

Bandung, Zonabandung.com,- Bupati Garut Rudy Gunawan jadi saksi dalam sidang kasus korupsi Pembagunan Sarana Olaraga ( SOR ) Ciateul Kabupaten Garut dengan terdakwa Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut, Drs Kuswendi.M.Si dan mantan Kabid Kemitraan Sarana dan Prasarana Dispora Garut, H.Yana Kuswandi,Spd MM. Di Pengadilan Tipikor Bandung Pada Senin 11 Januari 2021.

Rudy Gunawan dihadirkan oleh penasihat hukum terdakwa sebagai saksi Ade Charge (saksi meringankan).

Kehadiran Rudy sebagai saksi yang meringankan terdakwa, sempat dipertanyakan Jaksa Penuntut Umum,  "Apakah sudara sebagai  saksi membawa surat ijin dari pimpinan." Tanya JPU.

Atas pertanyaan tersebut Rudy mengaku kehadirannya sebagai saksi merupakan kesadaran sendiri. Dan sebagai mantan Bupati Priode 2014 - 2019. "Peristiwa itu terjadi pada tahun 2016 jadi saya sebagai saksi ketika saya menjabat bupati pada priode tersebut. " Ujar Rudi Gunawan.

Perdebatan tersebut tidak berlangsung lama,  karena ketua majelis hakim yang memimpin sidang menyatakan, melanjutkan persidangan.

"Siapapun berhak untuk menjadi saksi dalam persidangan", ujar ketua majelis hakim R. Riambodo,SH.MH.

-

Usai sidang Jaksa Penuntut Umum Deny Mariska, saat ditanya para wartawan menyatakan; "Ya tadi Bupati Garut Rudy Gunawan dihadirkan sebagai saksi yang meringankan oleh penasihat hukum terdakwa. Kita sebagai JPU mengajukan keberatan kepada majelis hakim, karena,saksi memberikan keterangan dalam lingkup pekerjaan sebagai bupati.  

Karena hari ini hari Senin jadi kalau dia dalam rangka tugas, ada nga ijin dari pimpinan. Jadi kita menolak kalau pak Rudy sebagai Bupati dalam meberikan keterangan sebagai saksi yang meringankan terdakwa", ujar Deny Mariska.

Halaman:

Editor: Ramdan

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Hukuman Penjara

Rabu, 16 November 2022 | 19:29 WIB

Sidang Lanjutan Doni Salmanan Kembali Digelar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:21 WIB
X