• Rabu, 7 Desember 2022

Objektivitas Penilaian Publik Terhadap Kinerja Kejaksaan dalam Penegakan Hukum di Indonesia

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 21:35 WIB
Rahel Octora, S.H.,M.Hum, Akademisi Bidang Hukum Pidana
Rahel Octora, S.H.,M.Hum, Akademisi Bidang Hukum Pidana

Bandung, Zonabandung.com,- Objektivitas Penilaian Publik Terhadap Kinerja Kejaksaan dalam Penegakan Hukum di Indonesia sangat dibutuhkan.

"Penegakan hukum pidana di Indonesia merupakan sebuah sistem yang menunjukan keterkaitan tugas dan fungsi antar lembaga penegak hukum.

Istilah “Integrated Criminal Justice System” menunjukan bahwa keberhasilan proses penegakan hukum tidak akan terlepas dari keberhasilan setiap unsur lembaga penegak hukum yang bergerak di dalamnya.

"Sebagaimana kita ketahui, di Indonesia, berdasarkan KUHAP yang termasuk dalam Criminal Justice System adalah Kepolisian, Advokat, Kejaksaan dan Pengadilan yang berpuncak pada Mahkamah Agung serta berakhir pada Lembag Pemasyarakatan." Kata Praktisi Hukun Rahel Octora, S.H.,M.Hum,Dosen Hukum Pidana, Fakultas Hukum Universitas Kristen Maranatha Pada Minggu 22 Agustus 2021.

Begitu banyak macam kejahatan yang terjadi dan memerlukan penegakan hukum tuturnya, salah satu bentuk kejahatan yang menjadi perhatian publik adalah Tindak Pidana Korupsi.

"Pemerintah melaksanakan berbagai upaya dan menetapkan berbagai kebijakan dalam memberantas korupsi. Di dalam sebuah tatanan hukum, penegakan hukum akan bergantung terhadap berbagai faktor. "Lawrence M.Friedman menyatakan bahwa tatanan hukum terdiri dari legal substance, legal structure dan legal culture di mana ketiga hal tersebut akan saling berhubungan." Ujar Rahel.

Lengkapnya peraturan hukum bukan satu-satunya penentu keberhasilan, jika tidak ditunjang oleh kinerja penegak hukum dan budaya hukum, kesadaran hukum masyarakatnya.

"Kejaksaan memegang peranan penting dalam misi pemberantasan kejahatan, termasuk pemberantasan tindak pidana korupsi.Ujar, Akademisi bidang Hukum Pidana ini.

Dalam kaitannya dengan penanganan kasus korupsi ujarnya, Kejaksaan berperan sebagai penyidik dan penuntut.

Halaman:

Editor: Administrator

Terkini

Kejari Kabupaten Bandung Tahan Kades Mekarwangi

Kamis, 24 November 2022 | 20:22 WIB

Doni Salmanan Dituntut 13 Tahun Hukuman Penjara

Rabu, 16 November 2022 | 19:29 WIB

Sidang Lanjutan Doni Salmanan Kembali Digelar

Kamis, 20 Oktober 2022 | 18:21 WIB
X