• Senin, 15 Agustus 2022

58 Tahun Pemasyarakatan, Menkumham: Usia yang Matang dan Sarat Pengalaman

- Rabu, 27 April 2022 | 12:40 WIB
Menkumham, Yasonna H. Laoly, saat memimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, Rabu, 27 April 2022.
Menkumham, Yasonna H. Laoly, saat memimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, Rabu, 27 April 2022.

Jakarta, Zonabandung.com,-  58 tahun bukanlah usia yang singkat untuk sebuah perjalan, melainkan menjadi usia yang matang dan sarat pengalaman. Demikianlah yang disampaikan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H. Laoly, saat memimpin Upacara Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) Ke-58, Rabu, 27 April 2022.

Kakanwil Kemenkumham Jabar, Sudjonggo bersama seluruh Kadiv dan jajaran Divisi Pemasyarakatan mengikuti upacara tersebut secara virtual dari aula Soepomo Kanwil Kemenkumham Jabar, Jl. Jakarta. No. 27 Kota Bandung.

Setelah selama lebih kurang satu bulan melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan peringatan HBP Ke-58, upacara digelar sebagai puncak perayaan yang diselenggarakan terpusat di Graha Pengayoman Kemenkumham, Jakarta, dan diikuti secara serentak oleh seluruh jajaran Pemasyarakatan di Indonesia, ujar Koordinator Humas dan Protokol Ditjenpas, Rika Aprianti kepada wartawan, Rabu, 27 April 2022.

Baca Juga: bank bjb Tandatangani Perjanjian Kerjasama Dengan PT Taspen

Dalam kesempatan itu, Yasonna menyampaikan HBP Ke-58 menjadi momentum yang tepat bagi insan Pemasyarakatan untuk sejenak merenung dan merefleksikan kembali, memungut hikmah dari perjuangan para pendahulu. Perjuangan itulah yang selanjutnya disusun sebagai penguat niat dan arah langkah dalam mewujudkan tujuan Sistem Pemasyarakatan.

Rasa syukur kita bertambah karena pada hari ini kita berhasil memuncaki rangkaian acara Peringatan HBP Ke-58 melalui upacara virtual, yang semoga menjadi upacara virtual terakhir. Karena doa kita bersama, tahun depan kita sudah bisa leluasa bertatap muka, harap Menkumham.

Meskipun terhubung secara virtual, dalam suasana yang khidmat ini Yasonna berharap kepada setiap insan Pemasyarakatan dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote, untuk dapat memaknai serta mampu menangkap esensi dari peringatan ini, yakni ' Pemasyarakatan PASTI dan BerAKHLAK, Mewujudkan Indonesia Maju'.

Pada kesempatan ini pula, Yasonna mengajak seluruh insan Pemasyarakatan untuk kilas balik ke tanggal 27 April 1964 yang menjadi titik balik Pemasyarakatan dalam Konferensi Jawatan Kepenjaraan di Lembang, Bandung.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Kemenkumham RI Raih 2 Rekor MURI Lomba Esports

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Kota Bandung Siap Sambut Peringatan KAA

Minggu, 17 April 2022 | 04:36 WIB
X