• Senin, 15 Agustus 2022

Seminar Nasional TNI AD VI, KASAD Dudung: Doktri KEP Perlu Penyesuaian

- Senin, 27 Juni 2022 | 20:42 WIB

Bandung, Zonabandung.com – Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M., membuka Seminar Nasional TNI AD VI Tahun 2022, yang dihadiri Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto sebagai nara sumber di Gedung Sesko AD, Jl. Gatot Subroto Bandung pada Senin 27 Juni 2022.

Dalam sambutan Kasad menjelaskan tujuan seminar  yaitu, untuk menyelaraskan doktrin operasi militer di Angkatan Darat sebagai doktrin turunan dengan doktrin induknya, yaitu doktrin Kartika Eka Paksi (KEP).

Revisi yang dilakukan pada doktrin KEP didasarkan pada perkembangan era globalisasi dan tantangan tugas saat ini dan di masa yang akan datang.

“Doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi adalah doktrin strategis yang menempati posisi tertinggi di lingkungan TNI AD. Namun, perlu dipahami bahwa doktrin sebagai suatu ajaran atau prinsip, bukanlah sebuah dogma seperti kitab suci agama, melainkan bersifat dinamis, fleksibel dan perlu terus dievaluasi penerapannya. Substansi doktrin TNI AD Kartika Eka Paksi dituntut bersifat adaptif terhadap perkembangan lingkungan strategis, sehingga ajarannya selalu dapat disesuaikan, tanpa kehilangan kekhasannya sebagai ciri utama kekuatan matra darat,” Jelas KASAD Dudung.

Menyadari hal tersebut, menurut KASAD, TNI AD melakukan revisi Doktrin Kartika Eka Paksi yang didasari oleh pertimbangan adanya pergeseran paradigma global, regional maupun nasional yang berdampak pada terjadinya pergeseran paradigma ancaman dan keamanan akibat dari kemajuan pengetahuan dan teknologi teraktual.

“Doktrin KEP kini sudah sejalan dengan dinamika perkembangan lingkungan strategis, namun doktrin turunannya, termasuk doktrin operasi militer, belum dilakukan penyesuaian. Doktrin operasi militer matra darat yang diadopsi hingga saat ini masih terfokus pada bagaimana melakukan operasi untuk menangkal dan menghadapi musuh dari luar (eksternal), serta ancaman yang berasal dari internal, baik yang berdiri sendiri, maupun merupakan proxy dari kepentingan asing, belum sepenuhnya terwadahi dengan baik,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Jendral TNI Dudung menilai untuk mendapatkan perspektif yang luas dan komprehensif, revisi doktrin tersebut dilakukan dengan pengkajian yang kritis disertai pemikiran-pemikiran holistik, integral dan komprehensif dari berbagai aspek, termasuk TNI AD mengundang banyak kalangan untuk terlibat dalam seminar ini.

Beberapa makalah atau materi yang direncanakan akan mengisi Seminar Nasional TNI AD VI Tahun 2022, diantaranya makalah utama dari Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E., M.M. yang bertajuk “TNI Angkatan Darat, Masa Kini dan Masa Depan”, makalah dari Menhan RI berjudul “Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) dalam Menghadapi Ancaman Perang Masa Kini dan Masa Depan”, makalah dari Gubernur Lemhanas RI berjudul “Transformasi Perang Darat dan Reaktualisasi Doktrin Operasi Militer Matra Darat”, serta makalah Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin berjudul “Penguatan Sistem Operasi Militer Matra Darat yang Komprehensif dalam Menghadapi Ancaman Peperangan Masa Kini dan Masa Depan”.

Selain itu, masih ada empat makalah lain yang membahas seputar relevansi doktrin dengan ancaman perang, penguatan operasi kemampuan intelijen, grand strategy pembinaan teritorial, serta perubahan karakter perang dihadapkan dengan taktik bertempur matra darat. Semua topik tersebut dikaitkan dengan kondisi peperangan dan ancaman di masa kini dan di masa depan.

Turut hadir dalam seminar ini, Wakasad, Pangkostrad, Danpusterad, Danpussenif Kodiklatad, Danpuspomad, Irjenad, dan Koorsahli Kasad, Kabais TNI, Danjen Akademi TNI, Dansesko TNI, Dankodiklat TNI, dan Para Pangkogabwilhan, Para Pangkotama, Danpussen  Kodiklatad, Danseskoad, Dansecapaad, Gubernur Akmil, Asisten Kasad, serta para Dan/Dir/Kabalakpus TNI AD.

Halaman:

Editor: Shelly Sillviana Dahlia

Tags

Terkini

Kemenkumham RI Raih 2 Rekor MURI Lomba Esports

Minggu, 7 Agustus 2022 | 19:13 WIB

Kota Bandung Siap Sambut Peringatan KAA

Minggu, 17 April 2022 | 04:36 WIB
X