• Kamis, 29 September 2022

KKM Universitas Muhammadiyah Cirebon Suport Destinasi Wisata Sisi Sagara

- Rabu, 1 September 2021 | 19:05 WIB
Mahasiswa-mahasiswa KKM 05 MOKA dari Universitas Muhammadiyah Cirebon saat KKM di Desa Cipasung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat
Mahasiswa-mahasiswa KKM 05 MOKA dari Universitas Muhammadiyah Cirebon saat KKM di Desa Cipasung Kabupaten Kuningan, Jawa Barat

Kuningan, Zonabandung.com,- Sisi Sagara adalah sebuah potensi wisata alam yang ada di Desa Cipasung, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Kawasan tersebut mulai dikembangkan yang gagasanya mulai mengemuka pada Tahun 2017 lalu dan kini mulai menajdi sebuah denstinasi wisata.

Sisi Sagara menyuguhkan panorama alam nan indah yang didukung suhu udara nan sejuk. Lokasinya berdampingan dengan Waduk darma yang airnya dikenal jernih dan mampu menyuplai air untuk rubuah hektare areal sawah di sejumlah desa di beberapa kecamatan.

Menurut keterangan Kepala Desa Cipasung, Nanang Nuryadi, kawasan Sisi Sagara, sebelumnya adalah lahan bengkok desa seluar 5 hektare, posisinya persis berdampingan dengan Waduk Darma. Kawsan tersebut kemudian berupaya untuk ditata menjadi sebuah kawasan wisata alam yang kedepan bisa menjadi sebuah kawasan wisata yang tak kalah menarik dengan kawasan wisata alam yang ada di wilayah Kuningan lainnya.

'Suasana alam di sini malah mungkin lebih indah dibanding kawasan wisata lain di Kuningan. Pagi hari ada sun rise yang bisa dinikmati pengunjung, dan sore hari juga bisa menyaksikan mata hari terbenam di pinggir air yang tidka terhalang pepohonan, ke arah lain ada Waduk Darma, ditambah pemandangan sebelah Utara terdapat Gunung Ciremai. Sisi Sagara juga memiliki ikon unik, yaitu ada dermaga selfie,' ungkap Nanang.

Nanang menyebutkan untuk pengembangan wisata tersebut, pihaknya telah melakukan kerjasama dengan Trisaksi untuk melakukan kajian secara akademis termasuk penataan dan pengembangan wisata yang bisa dikembangkan. Serta melakukan konsulatsi dan memohon bantuan kepada Bupati Kuningan.

'Alhamdulillah berdasarkan kajian akademis dari Trisakti, ini merupakan potensi wisata yang baik. Karena suasana nya pas untuk sun rise dan sun set nya, juga berdampingan dengan sisi Waduk Darma, ditambah pemandangan sebelah utara nya itu adalah Gunung Ciremai. Jadi kami bersemangat untuk meningkatkan potensi wisatanya, dan menarik para wisatawan datang kesini. Sisi Sagara juga memiliki ikon unik, yaitu ada dermaga selfie ,' papar Nanang.

Nanang menambahkan bahwa, sejak tahun 2018 sampai tahun 2020 sudah mendapatkan revitalisasi pengembangan objek Wisata Sisi Sagara. Pada tahun 2020, wisata Sisi Sagara sedianya mendapatkan alokasi anggaran untuk penataan kawasan, namun karena pandemi Covid-19, anggaran-anggaran tersebut dialihkan untuk penanganan Covid-19.

'Tahun sekarang ini kita progresnya sudah menyerap anggaran dari Kabupaten Kuningan sekitar 1,1 milyar, yang akan digunakan untuk 6 kegiatan, yaitu ticketing, branding, kios ruko, toilet umum, gajebo, dan pemagaran, tambahnya.

Wawan Hermawan, Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Cipasung mengatakan, proses pembangunan objek wisata Sisi Sagara menjadi lebih bersemangat karena ada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC) yang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 05 Mojang Jajaka (MOKA) di Desa Cipasung.

'Mahasiswa-mahasiswa KKM 05 MOKA dari UMC sangat mensuport kegiatan wisata Sisi Sagara. Harapan kami, mahasiswa KKM bisa melengkapi, memberi saran dan masukan terkait perispan untuk launching objek wisata Sisi Sagara,' ungkapnya.

Halaman:

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

Mau Dapat Tiket Pesawat Murah? Begini Caranya

Senin, 12 September 2022 | 17:56 WIB
X