• Selasa, 31 Januari 2023

Digital Talent and Innovation, Telkom University Sedang Kembangkan Motor Listrik

- Rabu, 30 November 2022 | 18:55 WIB

 

Bandung, ZonaBandung - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim tengah menggaungkan belajar merdeka, agar pada saat lulus, bisa respon dengan pekerjaan.

Karena hal itu, isu relevansi bagi jurusan, menjadi pertimbangan Rektor Telkom University (Tel-U) Prof. Dr. Adiwijaya.

”Sejak Agustus lalu, kita sudah melakukan berbagai kegiatan. Kalau hari ini, terkait dengan pembinaan digital talent, karena ini amanah bapak Presiden, bagaimana menyiapkan 600 ribu digital talent setiap tahun, kemudian ada launching produk inovasi, dimana ini adalah support LPDP dan Bio Farma serta PT Inti," papar Prof. Dr. Adiwijaya disela peringatan HUT Tel-U ke 32 tahun di Gedung Covention Hall Telkom University Kabupaten Bandung, Selasa (29/11/2022).

Dalam kegiatan tersebut, juga diadakan MSIB Fair 2022, Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dan Innovation Exhibition atau Pameran inovasi.

Melalui tema Digital Talent and Innovation, hasil kerjasama dengan Kemendiukbud, bertujuan bagaimana mendekatkan para talent dengan industri disekitarnya sehingga mereka lebih siap.

"Saat ini Tel-U sedang mengembangkan kerjasama pengembangan elektrik, yaitu motor listrik. Ada dua jenis, motor listrik murni dan motor konversi dari bensin ke listrik. Untuk motor listrik murni ini kami kerjasama dengan PT Volta. Insya Allah kami akan terus kembangkan ini bagaimana mendesain produknya agar disukai masyarakat, termasuk baterai manajemen sistemnya supaya tidak memberatkan, mereka hanya tinggal menukar baterai dan sebagainya, Insya Allah ini sejalan dengan target negara untuk mencapai nett zero emission di tahun 2060," paparnya.

Disinggung produksi massal, menurut Rektor Tel-U membutuhkan proses yang lebih jauh.

"Karena sampai sekarang pun baru uji produk itu, bagaimana ergonomis dan seterusnya, termasuk kualitas dari sisi motornya, insya Allah sekarang sudah bisa mengangkut dua kwintal," pungkasnya. **

Editor: Shelly Sillviana Dahlia

Tags

Terkini

Cetak SDM Unggul, ULBI Wisuda 744 Mahasiswa

Kamis, 1 Desember 2022 | 18:48 WIB

Didin Saepudin Resmi Jabat Rektor USB-YPKP Bandung

Senin, 12 September 2022 | 21:35 WIB

Ema Sumarna Raih Gelar Doktor

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:03 WIB

Pemkot Bandung akan Bangun 16 SMP Baru

Rabu, 6 Juli 2022 | 16:39 WIB
X