• Senin, 25 September 2023

Karutan I Bandung Peduli Napi, Sukseskan Wajar Dikdas 9 Tahun Bagi Napi

- Kamis, 8 Desember 2022 | 16:51 WIB
Kasubsi BHP Rutan I Bandung, Boy Naldo Gultom bertemu dengan Plt Kepala UPTD Satdik SKB Kota Bandung, Budi, Kamis, (8/12/2022).
Kasubsi BHP Rutan I Bandung, Boy Naldo Gultom bertemu dengan Plt Kepala UPTD Satdik SKB Kota Bandung, Budi, Kamis, (8/12/2022).

Bandung, Zonabandung.com,- Kasubsi BHP Rutan I Bandung, Boy Naldo Gultom bertemu dengan Plt Kepala UPTD Satdik SKB Kota Bandung, Budi di ruang kerjanya, Kamis, 08 Desember 2022.

Pertemuan dua instansi berbeda itu membahas terkait peningkatan kerjasama pemenuhan pendidikan dasar bagi warga binaan yang putus sekolah, ujar Kasubsi BHP Rutan I Bandung, Boy Naldo Gultom mewakili Karutan.

Kata Boy, koordinasi tersebut dilakukan untuk memperkuat kerjasama yang telah terjalin antara Rutan Kelas I Bandung dan SKB Kota Bandung sehingga dapat dilaksanakan lebih optimal lagi,agar semakin banyak warga binaan putus sekolah mendapatkan pendidikan penyetaraan dan memiliki ijazah, tuturnya kepada zonabandung.com.

Baca Juga: Rutan I Bandung Perkuat Kerjasama Dengan BNN Kota Bandung Berantas Narkoba

' Ijazah itu sangat berguna bagi warga binaan kelak setelah bebas untuk memenuhi persyaratan melamar pekerjaan maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi', ucap Boy.

Esensi dari pembinaan ini kan jelas, merubah perilaku mereka supaya mengurangi tingkat residivisme. Semoga saja dengan kerja sama ini dapat bermanfaat bagi warga binaan untuk merubah nasibnya di kemudian hari, ujar Boy mengutip ucapan Karutan Suparman.

Dalam kesempatan itu pun, Plt Kepala UPTD Satdik PAUD dan Dikmas SKB Kota Bandung, Budi mengatakan menyambut baik upaya Rutan Bandung dalam pemenuhan pendidikan bagi warga binaan.

Kiranya langkah nyata Rutan ini dapat ditiru Lapas dan Rutan lainnya sehingga program pemerintah wajar Dikdas 9 tahun dapat terpenuhi bagi setiap warga megara termasuk narapidana, ucapnya.

Sementara itu, ditempat berbeda, Rutan Bandung pun melakukan
koordinasi dengan DISPUSIPDA Jabar yang berlokasi di Jl. Kawaluyaan Indah Kota Bandung.

Koordinasi tersebut guna memperkuat semangat literasi yang dimiliki warga binaan.

Dalam pertemuan itu dihasilkan beberapa usulan agar dapat dilakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat baca seperti menghadirkan mobil perpustakaan keliling dan pembaharuan buku-buku agar lebih memacu semangat literasi warga binaan, tandas Karutan Suparman.

Koordinasi yang dilakukan Rutan I Bandung hari ini semata-mata demi meningkatkan kualitas pembinaan intelektual seluruh warga binaan agar dapat diterima kembali menjadi anggota masyarakat yang berwawasan nasional dan patuh terhadap hukum yang berlaku, tandas Suparman.

Editor: Ramdan ZB

Tags

Terkini

X